Dinas Pariwisata Kota Ternate Gelar Pelatihan Hospitality

Editor: Admin author photo
Foto: Samin Marsaoly (Kadis Pariwisata Kota Ternate)
TERNATE - Dinas Pariwisata Kota Ternate menggelar kegiatan pelatihan Hospitality tahun 2019 dengan tema "Strategi Kunci Menuju Kualitas Pelayanan Terbaik" bertempat di Kieraha Ballroom Lantai 6 Muara Hotel Ternate, Selasa (24/12/2019). 

Pelatihan Hospitality dikhususkan terhadap para pelaku usaha jasa pariwisata. Sementara kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Walikota Ternate, Abdullah Taher yang  dihadiri oleh SKPD Pemkot Ternate, Pemerhati Pariwisata beserta pengelola hotel, pemilik cafe dan restoran maupun biro perjalanan dan pelaku usaha.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Samin Marsaoly, menyatakan bahwa kegiatan ini tidak lagi dalam pelatihan dasar, akan tetapi ini adalah kegiatan lanjutan. “ Kalau kemarin kita buat  pelatihan dasar, tapi ini sudah dalam bentuk pengembangan kapasitas sumber daya manusia melalui sosialisasi Hospitality” ungkap Samin Marsaoly kepada awak media  di sela-sela kegiatan berlangsung.

Samin menjelaskan kegiatan ini bertujuan pertama, untuk menghasilkan para pelaku usaha yang tangguh dalam bidang pelayanan. Kedua diharapkan para pelaku ini mendapatkan informasi yang cukup tentang standar pelayanan, baik itu pelayanan jasa usaha pariwisata,  jasa rekreasi maupun jasa-jasa lain yang berhubungan dengan pariwisata. Sedangkan maksud dari kegiatan ini adalah akan menghasilkan para pelayan-pelayan tangguh dalam bidang keramah-tamahan. 

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga hari, 2 hari kemarin kita sudah lakukan kampanye sadar wisata dan ini dilanjutkan Hospitality. Untuk kegiatan Hospitality ini ada kurang lebih 120 peserta dan terdiri dari, para pelaku usaha pariwisata di bidang perhotelan, pelaku usaha di bidang jasa boga, restoran, kafe, jasa usaha salon, Tempat pijat dan ada juga dari para mengelola kawasan wisata, baik dari Sulamadaha, Jikomalamo, Batu Angus dan Tolire," jelasnya 

Lanjutnya, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka sinergitas pemahaman tentang standar pelayanan, karena dinas pariwisata betul-betul sadar bahwa yang paling sulit itu mempariwisatakan manusia. Karena untuk menjemput tahun kebangkitan pariwisata di 2021 salah satu modelnya adalah memberikan pemahaman tentang hospitality keramahtamahan kepada para pelaku. 

"Salah satu penguatan kita di dinas pariwisata sekarang ini adalah mempariwisatakan manusia jadi titik beratnya di keramahtamahan pelayanan hospitality," ujarnya.

Samin mengatakan, untuk targetnya adalah  menciptakan kurang lebih 120 orang para pelaku yang handal dalam bidang pelayanan, dan harapannya dalam kegiatan ini adalah, pertama, meningkatnya jumlah kunjungan, yang kedua, kota Ternate sudah bisa menjadi standar pelayanan dalam bidang pariwisata, tutupnya. (Ady)
Share:
Komentar

Berita Terkini