DPMD Gelar Rakor Tahap II Tim Inovasi Kabupaten Kepulauan Sula

Editor: Admin author photo

Foto : Asisten I Setda Umar Umabaihi membuka Rakor Tim Inovasi Desa
SANANA- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tahap II Tim Inovasi Kabupaten Kepsul, tahun anggaran 2019.

Bupati Kepsul, melalui Asisten I Setda Hi. Umar Umabaihi membuka secara resmi Rakor tahap II Inovasi Kabupaten (TIK) tahun anggaran 2019 di Hotel Yukiona, Kamis (12/12.

Rakor yang akan berlangsung selama dua hari tersebut, dimuli hari ini hinga hari Kamis, dan diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari Tim Inovasi Kabupaten, Tim Pelaksana Inovasi Desa dan Pendamping Desa.

Asisten I Sekda Kepsul, Hi. Umar Umabaihi dalam sambutan mengatakan, program inovasi desa merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan infrastruktur desa, peningkatan sumber daya manusia dan pengembangan ekonomi lokal desa.

Disampaikannya, desa inovatif membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun pemangku kepentingan, guna mengantarkan masyarakat desa pada kehidupan layak, makmur dan sejahtera.

Menurut Umar, Rakor tahap II tim inovasi Kabupaten, ini merupakan forum evaluasi desa di bidang pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa serta peningkatan kapasitas teknis desa, bagi pelaku di desa yang melibatkan masyarakat yang berkembang di desa-desa di lingkup Kepulauan Sula.

"Tim inovasi desa dan tim pelaksana inovasi desa, saya tegaskan bahwa dana bantuan pemerintah program inovasi melalui operasional tim inovasi Kabupaten dan dana DOK PPID tim pelaksana inovasi Desa melalui program inovasi Desa di Kecamatan, dipergunakan tepat sasaran dan tepat waktu serta dipertanggung jawabkan dengan baik, ujarnya. 

Sementara menurut Sekretaris DPMD Kepsul, Harpia Chairudin, tujuan Rakor tahap II program Inovasi desa adalah untuk memantapkan kordinasi, dalam rangka mengawas komitmen inovasi desa dan replikasi APBDes 2020, sesuai kesepakatan Kepala Desa dan BPD pada saat Kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID).

Sedangkan kegiatan Rakor tahap II program inovasi desa (PID) ini, dilaksanakan oleh Tim Inovasi Kabupaten (TIK) bekerjasama dengan tenaga ahli P3MD dengan peserta yang terdiri dari para Camat, TPID, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa. 

Lebih jauh, Harpia menjelaskan, materi yang dibahas pada kegiatan ini diantaranya adalah exit strategis PID thn 2019, peranan pemerintah daerah dalam pencegahan stunting di Kabupaten Kepsul, Mengawal komitmen inovasi desa dan replikasi APBDes 2020, Evaluasi video capturing dan dokumen pembelajaran dan evaluasi pelaksanaan kegiatan serta pencairan dan penggunaan dana DOK TPID tahun 2019", tutup Harpia. (di)
Share:
Komentar

Berita Terkini