Kanwil Kemenag Malut Gelar Seminar Pendidikan

Editor: Admin author photo
Foto:  Safri Kamaria (Kasi Pendam Kanwil Kemenag Malut)
TERNATE -  Memperingati Dirgahayu Hari Amal Bhakti Ke-74 Kementerian Agama. Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian AgamaProvinsi Maluku Utara menggelar Seminar Nasional Pendidikan, dengan Tema, "Profesionalisme Guru Di Era Disrupsi Menuju Madrasah Hebat Bermartabat,” bertempat Dhuafa Center Kota Ternate, Kamis (26/12/2019).

Ikut hadir dalam Kegiatan Seminar, Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI, Dr. H. A Umar MA, Kepala Kanwil Kemenag Malut, Hi. Sarbin Sehe, sekaligus membuka kegiatan seminar, Rektor Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Prof. Husen Alting, dan peserta seminar dari 10 Kabupaten/Kota.

Sementara narasumber, Direktur KSKK Madrasyah Kemenag RI Pusat, Dr. H. A Umar MA, Rektor IAIN Ternate, Dr. Samlan Hi Ahmad, Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Dr. Saiful Deni mewakili, Dr. Abu Bakar, dan Direktur Pascasarjana Unkhair Ternate, Dr. Said Hasan, di pandu oleh Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag Malut, Safri Kamaria.

Kasi Pendam Kanwil Kemenag Malut, Safri Kamaria, saat di temui sejumlah media, menyampaikan bahwa, kegiatan ini kita rancang dalam rangka peringatan hari ulang tahun Kementerian Agama RI Ke-74 dan dirinya berkeinginan untuk melaksanakan kegiatan yang lebih berkualitas salah satunya adalah kita lakukan seminar.

"Dari seminar ini kita berharap ada penambahan wawasan dan informasi-informasi terbaru terkait dengan perkembangan pendidikan kita dewasa ini" ungkapnya.

Lanjut Safri, untuk kegiatan serupa saya kira Kanwil Kementerian Agama Maluku Utara senantiasa melaksanakannya terutama dalam rangka penguatan kapasitas SDM, peningkatan kompetensi SDM insya allah dilaksanakan setiap tahun.

“ Harapannya kedepan guru-guru kita itu lebih baik lagi, lebih profesional, kemudian kalau guru-gurunya sudah profesional sudah pasti akan anak-anak kita juga insya allah lebih baik lagi dan pasti sudah berprestasi," harapnya

Selaku Kasi Pendam, Kata Safri, pendidikan madrasah kantor wilayah kementerian agama provinsi maluku utara sebagaimana disampaikan oleh pak kakanwil dan pak kabag, dan pak direktur, kita berharap seluruh guru madrasah di maluku utara senantiasa memacu diri, senantiasa meningkatkan kompetensi, senantiasa mengupdate informasi-informasi terbaru terkait dengan bagaimana pendidikan kita kedepan lebih baik lagi.

"Karena ini kegiatan ada sesuatu kita berikan kepada peserta sertifikat, piagam, dan itu tentu pasti bermanfaat oleh guru-guru kita, jadi bisa digunakan untuk kepentingan kenaikan pangkat dan hal-hal lain, dan kita partisipasi per gurunya yaitu 100 untuk seluruh guru madrasah di maluku utara yang ikut seminar ini, dan itu kita berikan fasilitas," jelasnya.

Terpisah, Kanwil Kemenag Malut, Hi. Sarbin Sehe, menyampaikan “ jadi seminar dalam rangka hari amal bakti kementerian agama di 74 tahun 2019,  dan seminar nasional khususnya tentang penguatan pengembangan profesi guru,” ungkapnya.

“ Harapan pertama dengan seminar ini melahirkan pokok-pokok pemikiran yang dalam bentuk rekomendasi dari seluruh narasumber itu, untuk kebaikan kualitas pendidikan madrasah, yang kedua kita memberikan motivasi secara berjenjang kepada seluruh para guru madrasah agar terus meningkatkan kualitas profesi gurunya, dan yang ketiga dengan seminar diharapkan penguatan kebijakan baru di dunia pendidikan islam khususnya di pendidikan madrasah agar dapat bisa terlaksana dengan baik di madrasah,” harap Sarbin.

Terpisah, Direktur KSKK Kemenag RI, H. A Umar MA, mengatakan kita harapkan ke depan guru ini harus profesional dalam pengertian profesional secara teori dan juga profesional sesungguhnya, teori kenapa memang ada regulasi-regulasi yang mengatur bahwa guru harus profesional memenuhi empat (4) kriteria.

"Tetapi sesungguhnya yang dibutuhkan tidak hanya ketentuan administrasi tapi,  sesungguhnya harus bagaimana dia menjadi guru profesional yang sesungguhnya yaitu guru yang bisa melayani siswa dengan sebaik-baiknya,  dia bisa mengajar dengan persiapan yang baik, mengajar dengan baik, dan tentu dengan membuat evaluasi yang benar,” tutupnya. (ady)
Share:
Komentar

Berita Terkini