Pelabuhan Rum Tidore Bakal Disulap Jadi Pelabuhan Semut

Editor: Admin author photo
Foto: Daud Muhammad (Kadishub Kota Tidore Kepulauan)
TIDORE- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tidore pada tahun anggaran 2020 mendatang mulai mempersiapkan kelengkapan administrasi untuk merubah wajah pelabuhan rum menjadi pelabuhan Speedboat (pelabuhan semut)  seperti yang ada di Kelurahan Mangga Dua, Kota Ternate.

Di ketahui pelabuhan Rum Tidore saat ini disinggahi tiga jenis transportasi laut, yakni Speedboat, Kapal Motor Kayu dan Kapal Ferry.

Menurut Kadishub Kota Tidore Kepulauan Daud Muhammad mengatakan bahwa pada tahun 2020 mendatang pihaknya telah mengalokasikan anggaran senilai Rp. 1 Milyar yang bersumber dari APBD untuk menyiapkan segala data-data pendukung berupa SID, RIP, dan Feasibility Study, serta Kajian Lingkungan.

"Kita mempercantik pelabuhan Rum, karena pelabuhan ini merupakan pintu masuk atau gerbang utama Kota Tidore Kepulauan. Jadi kedepannya pelabuhan rum akan di desain agak sedikit ke kiri yang jauh dari pelabuhan Ferry. mengingat di pelabuhan tersebut terdapat dua dermaga yang berbeda dan disinggahi oleh tiga jenis kendaraan laut yakni, Speedboat, kapal motor kayu dan kapal ferry,” ungkap Daud Muhammad kepada nusantaratimur.com diruang kerjanya. Kamis (5/12/2019).

Lanjut Daud, dalam desain yang akan dibuat oleh Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan nantinya akan memperbesar pelabuhan rum sehingga olah gerak speedboat yang nantinya berlabuh di pelabuhan rum yang akan dijadikan pelabuhan semut itu dapat lebih leluasa. Sementara terkait dengan kebutuhan anggaran dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, kata Daud Muhammad berkisar Rp. 40 hingga Rp. 45 milyar.

"Yang pasti sinyal dari Kementerian Perhubungan sudah ada, karena kegiatan ini juga bagian dari mendukung agenda Sail Tidore 2021,” terangnya.

Olehnya itu,  pada tahun 2020-2021 kami akan benahi dari sisi laut dan jembatannya termasuk ruang tunggu. “ Jika anggarannya memungkinkan akan kami buat sekalian dengan tempat parkir,” tutupnya. (Aidar)

Share:
Komentar

Berita Terkini