Pemkot Tidore dan Pemprov Malut Diharapkan Sinergi Bangun Wisata Balbar

Editor: Admin author photo
Foto: Kades Balbar Amir Abdullah
TIDORE- Minimnya fasilitas wisata pantai Desa Balbar Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan.  Hal itu membuat Kepala Desa Balbar Amir Abdullah menaruh harapan besar kepada Pemkot Tidore Kepulauan dan Pemprov Maluku Utara untuk dapat memperhatikan wisata pantai Balbar.

Menurut Kades Balbar, Amir Abdullah, pengembangan wisata pantai Balbar, jika hanya mengharapkan Dana Desa tentu pengembangannya tidak akan berkembang dengan cepat. Hal itu dikarenakan Dana Desa tidak terlalu besar dalam setiap tahun anggaran, sehingga sulit untuk melakukan penataan infrastruktur.

Wisata pantai balbar sekarang ini kan sudah sering dikunjungi hampir setiap hari, dan saat ini penataannya belum terlalu maksimal, saat ini fasilitas penunjang baru sebatas dua unit MCK dan Kamar Mandi beserta dua unit Gazebo, kalau kita berharap hanya kepada pemerintah desa maka mungkin saja dananya tidak terlalu besar untuk mempercepat infrastrukturnya," ungkap Amir Abdullah kepada wartawan media ini melalui via telepon, Kamis (5/12/2019).

Amir menjelaskan untuk  pengembangan infrastruktur wisata pantai balbar seperti Jalan, Gazebo, tempat jualan, dan saluran air yang menuju ke bibir pantai Wisata Balbar perlu dilakukan penataan ulang. 

Sehingga kata Amir, untuk mengatasi persoalan ini, Ia berharap dapat dilakukan sharing anggaran dari Pemkot Tidore dan Pemprov Malut. Sebab jika persoalan seperti ini dibiarkan terlalu lama, maka akan terlihat kumuh.

"Masyarakat Desa Balbar sangat mengharapkan dukungan Pemkot dan Pemprov tidak hanya pada aspek kata-kata, melainkan dibuktikan dengan implementasi. Walaupun ada statemen dari pak Wakil akan membantu 10 unit gazebo namun bantuan itu kita juga butuh tindakan yang riil,” tandasnya.

Sementara soal bantuan dari Pemerintah Provinsi, Amir juga berharap kepada Wakil Walikota Kota Tidore Muhammad Sinen yang juga merupakan Ketua DPD PDIP Provinsi Maluku Utara untuk dapat mengkomunikasikan persoalan tersebut melalui jaringan yang dimiliki di Provinsi, sehingga wisata pantai yang berada tepat di pusat pemerintahan provinsi itu bisa di support melalui pemerintah Provinsi.

" Wisata pantai Balbar ini dikunjungi tidak hanya masyarakat yang berada di wilayah Oba, melainkan juga dari masyarakat kabupaten kota lainnya, seperti masyarakat Kabupaten Haltim, Halut, dan Halteng dimana saat mereka mau melintasi ke Ternate itu mereka juga bersinggah di Wisata Pantai Balbar," jelasnya.

Lebih lanjut, Amir mengakui bahwa saat ini Wisata Pantai Desa Balbar telah dikelola secara langsung oleh BUMDes yang bersinergi dengan Pemuda Karang Taruna dan Kelompok Sadar Wisata yang telah dibentuk melalui Pemerintah Desa Balbar. (Aidar)
Share:
Komentar

Berita Terkini