Pemkot Tidore Rencana Alihkan Pelabuhan Gita Menjadi Pelabuhan Ferry

Editor: Admin author photo
Foto: Daud Muhammad (Kadishub Pemkot Tikep)
TIDORE- Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan telah mengusulkan pengalihfungsian Pelabuhan Gita yang berlokasi di Kecamatan Oba menjadi Pelabuhan Ferry.

Alasan pelabuhan gita dijadikan sebagai pelabuhan Ferry karena saat ini fasilitas sarana dan prasarana pelabuhan tersebut sudah sangat memadai tinggal dibangun sandaran ferry untuk menurunkan random.

"Selain layak, kondisi yang ada di pelabuhan Ferry Galala sudah semakin padat, selain itu angkutan roda enam (Truk) jika dari Oba Selatan menuju ke Oba Utara jaraknya terlalu jauh, sehingga kalau ada pelabuhan Ferry yang aktif di Kecamatan Oba maka dapat memperpendek rentan kendali di wilayah Oba," ungkap Daud Muhammad kepada wartawan media ini, Kamis (5/12/2019).

Daud menambahkan terkait  pelabuhan gita yang akan Dialifungsikan menjadi pelabuhan Ferry sudah dikomunikasikan pihaknya dengan ASDP.

"Pada tahun 2020 tim dari ASDP sudah akan turun memantau pelabuhan gita, jadi saat ini kami sudah usulkan terkait pengalihfungsian pelabuhan gita menjadi pelabuhan Ferry sekaligus dengan trayeknya, untuk itu saya berharap hal ini secepatnya dapat ditindaklanjuti oleh Kementerian Perhubungan melalui ASDP dan Balai Perhubungan Darat agar segera mengaktifkan pelabuhan Gita," jelasnya.

Berkaitan tidak aktifnya pelabuhan gita sejak masa kepemimpinan pemerintahan sebelumnya. Menurutnya, hal itu disebabkan akses transportasi yang saat ini sudah sangat baik sehingga orang lebih memilih langsung ke pelabuhan speedboat di Sofifi atau Ferry di Galala dengan alasan memperpendek laut dan memperpanjang darat.

Meski begitu saat ini trayek di pelabuhan gita masih ada.

"Soal aktivitasnya tergantung dari pengusaha di sana melihat aktivitasnya bagaimana.” Pungkasnya. (Aidar)

Share:
Komentar

Berita Terkini