Tim Verifikasi Tinjau Persiapan Desa Pemekaran

Editor: Admin author photo
Foto : Tim Verifikasi Pemekaran
TALIABU - Tim penilai kelayakan pembentukan Desa Persiapan dari Provinsi Maluku Utara melakukan pemantauan dan verifikasi di desa Lede, Kabupaten Pulau Taliabu. Kamis (26/12/2019).

Kedatangan tim penilai ini, dalam rangka meninjau kelayakan dari Desa Laleo, untuk di mekarkan menjadi desa persiapan.

Dari hasil peninjauan tim penilai dari Universitas Khairun Ternate, menyebutkan bahwa Desa Laleo sudah sangat layak di jadikan desa persiapan.

"Hasil pantauan kami Desa Laleo sudah layak untuk di mekarkan menjadi desa sebab secara geografis sudah terpenuhi, secara administrasi pun sudah layak, apalagi sejak dua tahun yang lalu administrasnya sudah di persiapkan,” ujar Tim Verifikasi Safrudin Baharudin saat menyampaikan sambutannya di hadapan masyarakat Kecamatan Lede, Kabupaten Pulau Taliabu.

Pemekaran desa laleo, Kata Safrudin, perlu disampaikan ke Bupati oleh tim verifikasi untuk pertanggungjawabkan, setelah itu baru diusulkan ke provinsi dengan deadline selama 20 hari sudah harus di balas oleh Pemerintah Provinsi sebagaimana yang di atur dalam undang-undang.

Walau begitu, Safrudin Bahrudin, mengingatkan secara sosial budaya, ada satu hal penting diharapkan tim verifikasi, meskipun secara geografi dan administrasi sudah terpenuhi. “ Tapi kalau persetujuan masyarakat secara bersama belum di setujui untuk di mekarakan, maka itu yang nanti akan jadi masalah,” ucapnya.

Pada kesempatan itu pula Sekretaris Daerah Kabupaten Pulau Taliabu, Salim Ganiru, menyampaikan tujuan dari pembentukan desa baru sebagai bentuk kemajuan daerah.

“Kita semua punya cita-cita yang sama, yakni ingin membangun Taliabu ke arah yang lebih baik,” tutur Salim.

Menurutnya, pemekaran desa ini, adalah bentuk kemajuan daerah.  Tim penilai ini sudah sangat mengenal Taliabu, mereka adalah akademisi dan sudah meneliti 15 tahun tentang budaya, kehidupan dan juga bahasa Taliabu. “ Jadi bagi saya mereka sangat bertanggung jawab, jika penilai desa persiapan ini,” kata Salim.

Kabag Pemerintahan Pulau Taliabu, Moh Amrul Djinanu, menambahkan persiapan pembentukan beberapa Desa di Taliabu sudah memakan waktu 2 tahun.

"Kami sudah menyiapkan pemekaran Desa persiapan ini dua tahun, sudah bekerja keras untuk memenuhi syarat pembentukan desa. Nah,  di Taliabu ini banyak yang ingin mekar menjadi desa baru terutama di Taliabu Selatan, namun tidak memenuhi syarat,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk pemekaran desa yang memenuhi syarat, dan sekarang sudah di tinjau oleh tim penilai, yakni persiapan Desa di Desa Sahu Kecamatan Taliabu Utara dan Desa Lede Kecamatan Lede.

“Desa persiapan ini di bentuk berdasarkan peraturan Bupati, nanti kalau sudah defenitif baru kami buat Perda. Jadi kalau semua sudah siap, pelantikan pejabat desa Laleo itu sudah dilakukan pada bulan Januari mendatang,” jelasnya.

Untuk di ketahui tim penilai ini sebelum ke desa lede, awalnya mereka dari desa sahu kecamatan Taliabu utara, dengan tujuan yang sama yakni peninjauan persiapan pemekaran Desa Bakiki dan hasilnya pun sama, layak untuk di mekarkan.(Ari)

Share:
Komentar

Berita Terkini