Warga Muslim Kampung Jawa Ikut Meriahkan Parade Natal di Tomohon

Editor: Admin author photo
Foto : partisipasi warga muslim kelurahan kampung jawa ikut dalam parade selebrasi Natal di Kota Tomohon
TOMOHON- Menyambut Natal 2019 dan Tahun baru (Nataru) Tahun 2020 saat ini setiap kota dan daerah sibuk melakukan perayaan-perayaan pasca memeriahkan hari sakral tersebut. 

Di Kota Tomohon sendiri pemerintah setempat  ikut melaksanakan Parade Natal yang dibawa kepemimpinan Wali Kota Jimmy F Eman dan Syerly A Sompotan, Sabtu (7/12) 2019 malam.

Ribuan warga yang memadati ruas jalan utama dimanjakan dengan atraksi sejumlah kegiatan, diantaranya Marching Band, Alat Musik Tradisional, juga Float Kendaraan yang dihiasi Pohon Natal dan Santa Claus. 

Ada hal yang menarik dalam parade ini, beberapa peserta pawai yang ikut bukan hanya umat Kristen. Namun, juga diikuti oleh warga Muslim dari Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tomohon Selatan (Tomsel).

Bahkan, saat akan melintasi jalur yang ditentukan oleh panitia, warga Muslim ini ada yang menggunakan jilbab untuk menandakan identitas. Hal ini pun, berhasil membuat suasana kerukunan antar umat beragama di Kota Toleran itu semakin terasa.

Camat Tomsel Ronald Kalesaran mengatakan, para umat Muslim di Kelurahan Kampung Jawa ini sering melibatkan diri ikut serta dalam kegiatan-kegiatan umat Kristen. Apalagi, perayaan-perayaan menyambut Natal seperti ini.

"Pada pelaksanaan Parade Natal yang pertama pada tahun lalu (2018, red), mereka (Umat Muslim Kampung Jawa, red) juga ikut ambil bagian. Bukan hanya itu, di setiap lorong di kelurahan yang penduduknya 95 persen beragama muslim itu, juga dipasang lampu hias, untuk menghormati umat Kristen menyambut natal," bebernya.

Lanjut dia, ini menandakan toleransi antar umat beragama di Tomohon sangat kental. Sebab, di saat perayaan hari raya bagi umat muslim, para umat Kristen juga turut menghormati dan memeriahkan. "Mari kita terus menjaga kerukunan antar umat beragama di kota yang pada tahun lalu mendapat penghargaan Kota Toleran ini,” ucapnya. (tim)
               

Share:
Komentar

Berita Terkini