APBDes Harus Selaras Dengan Tema Pembangunan Pemkot Tidore

Editor: Admin author photo
Abdul Rasid (Kepala DPMD Kota Tikep)
TIDORE – Mengusung visi-misi menjadikan Kota Tidore Kepulauan (Tikep) sebagai Kota Jasa Berbasis Agromarine.

Pemkot Tikep menghimbau ke Pemerintah Desa (Pemdes) dalam penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) dapat selaras dan se-arah dengan tema pembangunan Kota Tidore Kepulauan.

Penegasan tersebut disampaikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Tidore Kepulauan. Mengingat, untuk penyusunan APBDes dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) harus termuat visi dan misi Walikota dan Wakil Kota Kepulauan.
Untuk menunjang vis-misi Walikota dan Wakil Walikota. Pemdes harus mempunyai kegiatan yang dianggarkan misalnya bidang pertanian dan pariwisata untuk dapat di alokasikan melalui Dana Desa  dalam rangka peningkatan sarana dan prasarana,” ungkap Kepala DPMD Kota Tidore Kepulauan, Abdul Rasid, kepada reporter media ini di ruang kerjanya. Jumat (24/01/2020).

Abdul Rasid menjelaskan dalam pelaksanaan Musrembang Desa diharapkan program kegiatan yang sudah masuk melalui Musyawarah Desa (Musdes) tidak lagi usulkan sehingga tidak terjadi tumpah tindih kegiatan.

"Musdes dan Musrembang merupakan dua kegiatan yang berbeda, kalau Musdes itu untuk menyusun APBDes untuk kegiatan tahun anggaran berikut. Sementara untuk Musrembang adalah program nasional yang dilakukan secara bertahap mulai dari Desa, Kecamatan hingga tingkat Kabupaten/Kota,” pungkas Abdul Rasyid.

Sekedar di ketahui saat ini Pemkot Tikep telah giat melaksanakan Musrembang Desa/Kelurahan di mulai sejak tanggal 14 Januari dan penutupan di tanggal 23 Januari 2020 kemarin. (Aidar)
Share:
Komentar

Berita Terkini