Bupati Tabrak Aturan, DPRD Kepsul Gulirkan Pansus

Editor: Admin author photo
Foto:  M. Natsir Sangadji  (Ketua Pansus)
SANANA- Suasana Kantor DPRD Kabupaten Kepulauan (Kepsul) gaduh. Setelah Bupati Hendrata Thes menunjuk atau melantik Yulita Umanailo sebagai Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Kepsul menggantikan Lily Herawati Tomaidi.

Bak bola salju. DPRD Kepsul geram dengan sikap Bupati Hendrata Thes. Pasalnya, proses pergantian Sekwan tak sesuai prosedur. Bahkan, lucunya penempatan Yulita Umanailo tidak pernah di koordinasikan ke dewan.

Hal  itu membuat Ketua Pansus I DPRD Kepsul,  M. Natsir Sangadji, angkat bicara bahwa pengangkatan Sekwan itu beda dengan jabatan eselon II lainnya. Kata Natsir, mutasi Sekwan setidaknya Bupati Kepsul meminta pertimbangan atau persetujuan pimpinan DPRD.

Untuk itu, kata Natsir Sangadji, ketika pansus ini digulirkan. Tentu kita meminta penjelasan ke Pemerintah Daerah mengenai hal ini.

“ Jadi, kemarin dilantik menjadi Sekwan kemudian dianulir SK-nya. Nah, SK jabatan Sekwan menjadi SK Pelaksana tugas (PLT). Di  SK PLT itu dimungkinkan untuk bisa masuk di Kantor DPRD. Karena  Yuliati defenitif di salah Kabid di DPMD dan di PLT  Sekwan itu tidak masalah," timpal Natsir.

Menurut Natsir, pihaknya menyoal kebijakan Bupati. Lantaran hal itu menabrak aturan. " Mestinya Yuliati di PLT dulu, namun yang terjadi langsung dilantik menjadi defenitif," tukasnya.

Meskipun demikian,  Natsir menjelaskan soal Yulita Sebagai PLT itu sudah clear silahkan ibu yulita berkantor seperti biasanya. Namun kemarin, karena pak Bupati lantiknya, itu bukan PLT. Tapi Defenitif.

" Jadi,  bupati lantik Yulita Umanailo itu langsung definitif, harusnya PLT dulu. Makanya bupati salah prosedurnya," tandasnya.

Oleh itunya,  ungkap Natsir, soal pansus tetap kita ajukan pertanyaan atau materi interpelasi ke Pemerintah Daerah agar ke depan jangan lagi terjadi diskomunikasi baik secara lisan maupun tertulis, karena Sekwan itu di atur khusus 
berbeda dengan SKPD lainnya.

"  PLT Sekwan tadi (Yulita-Red) telah mengikuti rapat perdana bersama pansus serta anggota dan pimpina DPRD, kita tentukan jadwal paripurna interpelasi dalam waktu dekat," tutupnya. (di)
Share:
Komentar

Berita Terkini