Bupati Taliabu Bentuk Tim Pengawas DD dan ADD

Editor: Admin author photo
Foto: Tim Pengawas DD dan ADD
TALIABU—Maraknya penyalahgunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di berbagai daerah di nusantara, membuat Bupati Pulau Taliabu (Pultab), Aliong Mus, unjuk gigi.

Sejak sepekan yang silam, Aliong Mus menggelar rapat terbatas. Hanya tiga Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kabupaten Pultab yang mengikuti rapat tersebut. Yakni, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah, dan Inspektorat Kabupaten Pultab.

Rupanya, tiga SKPD ini diberi tugas khusus oleh Bupati. Artinya, hal ini merupakan jawabam atas keresahannya tentang ramainya penyelewengan DD dan ADD. Dalam rapat itu, tim gabungan ini bertugas melakukan monitoring (pengawasan), dan audit terhadap penggunaan DD dan ADD tahun anggaran 2018-2019.

Diketahui, sejak Rabu sepekan yang lalu, tim gabungan telah melakukan monitoring di sembilan (9) desa di wilayah Kecamatan Taliabu Timur Selatan. dan, pada Ahad (19/1/2020) lalu, tujuh (7) desa di Kecamatan Tabona, telah diaudit oleh tim gabungan ini.

“Selain bertujuan untuk mengaudit dan memonitoring pelaksanaan pembangunan, sekaligus memberikan pembinaan pada pemerintahan desa. Agar penggunaan dana desa tepat pada sasaran yang ada di desa,” ujar Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Pultab, Amrul Badal, kepada reporter media ini, Minggu (19/01/2020) yang lalu.

Seperti diketahui, secara keseluruhan ada 71 desa di Kabupaten Pultab. Untuk itu, tim gabungan ini tentu harus bekerja ekstra keras untuk melakukan monitoring dan audit. Terlebih lagi, letak geografis desa tak sedikit yang berada di pedalaman dan terpencil. (Ari)

Share:
Komentar

Berita Terkini