Dinkes Taliabu Temukan Dua Orang Terinfeksi HIV

Editor: Admin author photo
Foto: Ilistrasi
TALIABU- Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu menemukan 2 (dua) orang telah terinfeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).  Kepala Bidang Pencegahan dan Penanganan Penyakit Sahrul mengatakan hal itu kepada awak media diruang kerja, Rabu (8/1).

 “ Sebenarnya informasi ini belum bisa kami sampaikan, karena 2 orang yang kami sebut telah terinfeksi HIV-AIDS baru melalui tahapan pemeriksaan awal, masih ada dua tahap lagi. Tetapi satu yang terinfeksi telah meninggal sebelumnya dia telah melakukan pemeriksaan di luar Taliabu. Dan dari hasil pemeriksaan tersebut dirinya telah di vonis terinfeksi HIV,” tutur Sahrul.

Lebih lanjut, Sahrul, mengatakan dari 2 (dua) kasus tersebut 1 (satu) di antaranya telah meninggal dunia pada tahun 2019 lalu dengan status positif HIV.

" Alhamdulillah tahun ini sudah ada anggaran untuk melakukan pelatihan penanganan penyakit HIV-AIDS ini penyakit sangat berbeda dengan penyakit lain karena penanganannya sangat hati-hati dan rahasia. Kalau  data pribadi pengidap ini bocor maka dampak sosialnya sangat tinggi,” tandasnya.

Ia berharap agar masyarakat bisa menerapkan cara hidup sehat dan baik, agar terhindar dari berbagai macam penyakit, ucapnya.

Virus HIV-AIDS dapat menular lewat seks bebas  tanpa pengaman (seks tanpa kondom) pemakaian bersama jarum suntik dan peralatan lain untuk menyuntik obat, tindik atau tato yang tidak steril,  Ibu dan anak selama masa kehamilan, persalinan dan menyusui hingga transfusi darah.

Penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini membuat tubuh menderita cepat terkena segala bentuk penyakit. (Ari)

Share:
Komentar

Berita Terkini