Dishub Tidore Uji Coba Kapal Ferry Rute Ternate-Gita

Editor: Admin author photo
Foto: Uji Coba Rute Bastiong-Gita Kota Tidore Kepulauan
TIDORE- Uji coba kapal ferry rute Bastiong Ternate- Pelabuhan Gita, Kota Kota Tidore Kepulauan, pada Sabtu (4/1) pekan kemarin. Dianggap layak melayani jalur penyebrangan tersebut.

Uji coba tersebut di mulai dari pelabuhan ferry Bastiong menuju pelabuhan Gita di perkirakan memakan waktu selama 4-5 jam.  

Jika rute Bastiong Ternate- Gita dalam perkembangannya terdapat animo masyarakat yang cukup tinggi atas kebutuhan transportasi laut, maka Dinas Perhubungan Kota Tidore akan melakukan koordinasi dengan pihak ASDP untuk menanmbahkan trip berlayar kapal ferry masuk ke pelabuhan Gita.

"Jika animo masyarakat banyak, maka kami akan mengusulkan ke ASDP melalui Balai Perhubungan Darat untuk ditambahan tiga trip, sehingga dalam seminggu sekali bisa dilakukan tiga kali masuk di pelabuhan Gita,” ungkap Kadis Perhubungan Kota Tidore Kepulauan, Daud Muhammad, ketika di temui awak media ini di Kantor Walikota Kota Tidore, Selasa (7/1/2020).

Lanjutnya, dengan melihat infrastruktur pelabuhan Gita kedepannya Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepualuan akan melakukan multifungsi terhadap pelabuhan tersebut, sehingga tidak hanya kapal ferry yang bisa bersandar di pelabuhan Gita, melainkan juga bisa dilakukan oleh kapal umum seperti kapal Kayu.

Tetapi yang paling terpenting dengan masuknya kapal ferry ini, ungkap Daud, pihaknya lebih melihat pada aspek manfaat, agar masyarakat di Kecamatan Oba maupun Oba Selatan dapat memperoleh pelayanan transportasi laut secara baik, nyaman dan aman, tuturnya.

Sebelumnya pelabuhan Gita di bangun dengan APBN yang menelan anggaran begitu besar dan di kelola oleh KUPP Soasio tidak beraktifitas, tentu masyarakat tidak bisa memanfaatkan pelabuhan itu dengan baik.

Oleh karena itu, Pemkot Tidore Kepulauan, setelah mengkaji dan melihat kebutuhan masyarakat kemudian merespon dengan menindaklanjuti persoalan tersebut ke Pemerintah Provinsi.

Dengan adanya koordinasi yang intens, Gubernur Maluku Utara kemudian menindaklanjuti ke Direktorat Perhubungan Darat, sehingga pelabuhan Gita dapat di buka sebuah lintasan baru. 

“ Jadi di Maluku Utara itu hanya terdapat dua lintasan baru yakni Pelabuhan Gita Tidore, dan Pelabuhan Pulau Doi," tutupnya.(Aidar)

Share:
Komentar

Berita Terkini