Eks Bendahara Disnakertrans Malut Ngaku Sudah 1 Tahun Komsumsi Shabu

Editor: Admin author photo
Foto :  Empat tersangka saat diamankan Ditresnarkoba Polda Malut
TERNATE - Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Maluku Utara (Malut) dalam  dua pekan terakhir berhasil meringkus empat (4) orang tersangka kasus dugaan penyalahgunaan dan pengedar narkotika.

Keempat tersangka yang diamankan masing-masing berinisial RS, RRS, GIK dan IAR.

Berdasarkan kronologis penangkapan tersangka RS (27) diamankan di Jerbus yang beralamat di Kelurahan tanah Tinggi, Kecamatan Ternate Selatan. 

Dari hasil penggeledahan polisi ditemukan Barang Bukti (BB) satu sachet Narkotika jenis Shabu dengan berat 0,15 Gram dan uang sebanyak Rp. 1.000.000 pecahan Rp.100.000 hasil penjualan Narkotika jenis Shabu beserta satu unit handphone yang di sita dari tangan tersangka RS.

Sementara itu, tersangka RRS (39) diringkus di dalam sebuah kamar di kawasan Kelurahan Bastiong, Kecamatan Ternate Selatan. 

Dari  tangan Abdi Negara ini. RRS oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku Utara dengan BB satu sachet kecil Narkotika jenis Shabu dengan berat 0,36 Gram, saty buah alat hisap Shabu/bong, satu buah kaca pireks berisi sisa pakai shabu dan satu unit handphone.

Sedangkan, tersangka GIK (21) dibekuk di Kawasan Sweering Pantai Falajawa depan warung Coto Makassar Kelurahan Gamalama. BB yang berhasil di sita  satu sachet plastik kecil warna bening yang berisi Narkotika jenis shabu dengan berat 0,54 gram, terbungkus dengan tisu dan dua unit handphone oleh polisi.

Tersangka IAR polisi berhasil mengamankan BB sebanyak 40 empat puluh sachet kecil diduga berisi daun ganja kering, dan satu sachet besar diduga berisi daun ganja kering, serta dua sachet kecil diduga berisi biji ganja dengan berat total keseluruhan 78,62 gram dan satu unit telepon genggam.

Empat tersangka terbukti melanggar Pasal 114 Ayat (1), Pasal 111 Ayat (1), UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Direktorat Resnarkoba Polda Malut, Kombes Pol Setiadi Sulaksono, mengatakan dalam penangkapan empat tersangka penyalahgunaan dan pengedar Narkotika ini dalam waktu dua minggu. 

“ Dari empat kasus, ada empat tersangka, dengan BB shabu sebanyak 1,05 gram, sedangkan ganja sebanyak 78,62 gram,” ungkap Setiadi dalam siaran pers  di Mapolda Malut, Senin (20/01/2020) kemarin.

Setiadi menyebutkan dalam ke empat tersangka ada satu tersangka oknum PNS di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku Utara.

“ Iya, ada tersangka yang masih berstatus PNS, dan dia mantan bendahara di dinas ia bekerja,” tutur.

Setiadi menyebut, tersangka yang masih menjadi PNS aktif ini mengaku memakai barang haram ini sudah dalam kurun waktu satu tahun.

“ Tersangka RRS mengaku sudah satu tahun memakai Narkoba,” jelas Setiadi.

Menurut Ditresnarkoba, rata-rata tersangka yang di amankan anggotanya di mainkan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Ternate.

“ Rata-rata tersangka yang kami tangkap itu dimainkan dari Lapas Ternate,” pungkasnya. (ric)

Share:
Komentar

Berita Terkini