James Uang Ikut Fit and Proper Test di Partai Golkar

Editor: Admin author photo
Foto: James Uang (Calon Bupati Halbar)
TERNATE-   Bakal Calon Bupati Halmahera Barat (Halbar), James Uang, mengikuti Fit And Proper Test Penyampaian Visi Misi Calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah Tahun 2020 yang dilaksanakan tim penjaringan DPD Partai Golkar Provinsi Maluku Utara. Rabu (15/1) kemarin, bertempat di Grand Dafam Hotel, pada Rabu (15/01) kemarin.

James Uang, kepada wartawan mengatakan ada lima persoalan saat ini yang terjadi  di Kabupaten Halmahera Barat. Pertama, persoalan ekonomi Halbar harus menjadi fokus pemerintah daerah ke depan, jika kalau dirinya terpilih.

Kedua, Kata James,  permusyawaratan infrastruktur bagi wilayah-wilayah yang belum terakses jalan, dan ketiga itu adalah masalah layanan kesehatan. Menurutnya, rumah sakit umum Jailolo bukan penyelesaian masalah pasien. tapi hanya menjadi rujukan. 

“ Semua harus di rujuk ke Ternate. Nah,  ini kan menjadi fokus pemerintah daerah ke depan, sehingga orang Halbar itu bukan cuma tuntas di Ternate, ujarnya.

Keempat, permasalahan di bidang pendidikan misalnya Sekolah Dasar (SD) masih banyak sekolah-sekolah di Halbar yang jumlah siswanya masih dibawah 30-an. Ke depan masalah harus di benahi.

"Kalau saya bupati, murid di beberapa sekolah jadikan satu dan kita fokus pada penanganan kualitas. Jadi kelihatan bahwa membangun sekolah itu lebih banyak pada orientasi proyek bukan kualitas pendidikan," katanya. 

Lebih lanjut James mengatakan rekrutmen pejabat birokrasi sampai saat ini  budaya balas jasa, itu masih mendominasi. Sehingga begitu banyak orang yang jadi pelaksana tugas. Padahal banyak orang-orang memenuhi syarat kepangkatan.

 “  Rekrutmen ke depan yang harus mengedepankan aspek normal,  aspek profesionalitas, kualitas. Mestinya itu harus menjadi sandaran bagi seorang bupati,” Sambungnya.

"Karena itu kalau saya ke depan tuhan menghendaki betul-betul orang itu harus di kedepankan aspek kualitas dan profesionalitas supaya jabatan yang diperlukan itu bisa berimplikasi kepada kepentingan kemajuan daerah," ungkapnya.  

Kelima, James menyampaikan bahwa APBD Halbar tergolong kecil, karena itu harus fokus pada masalah-masalah prioritas yang perlu dibenahi. Tapi yang terjadi nafsu belanja tinggi, sehingga terkesan terlihat anggarannya hanya bagi-bagi proyek. 

"Jadi kalau saya jadi bupati,  masalah pendidikan, kesehatan, infrastruktur  maupun masalah ekonomi akan menjadi fokus saya," ucapnya

Di sektor pertanian cukup baik, tapi perlu pemerintah daerah tidak fokus. Padahal, sektor ini dapat di genjot. Asalkan pemerintah daerah ke depan memberikan modal dan pupuk.

“ Kita perlu merubah cara  berpikir petani, meski membutuhkan proses yang panjang. Setidaknya kita mencoba, jangan kita tidak bisa lepas begitu saja. Jadi bagi saya sektor pertanian menjadi fokus,” kata James.

Untuk itu, komunikasi politik partai sudah konsolidasikan, yakni  Golkar, PKB, Gerindra, Nasdem, dan Demokrat.  Saya optimis untuk di pegang,” tutupnya. (Ady)
Share:
Komentar

Berita Terkini