Kepala DKP Malut Apresiasi Terselenggaranya FKNT 2020

Editor: Admin author photo
Foto: Kepala DKP Malut M. Buyung Radjiloen, didampingi ketua pengarah FKNT Abdulah Dahlan dan Ketua Panitia FKNT 2020
TIDORE- Dinas Kelauatan dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku Utara memberikan apresiasi dan dukungan atas terselenggaranya Festival Kampung Nelayan Tomalou (FKNT) Tahun ini.

Kepala DKP Malut, M. Buyung Radjiloen, mengatakan kenapa Tomalou di pilih sebagai pelaksanaan festival kampong nelayan, karena masyarakat Tomalou kenal sebagai nelayan yang tangguh dan mempunyai keterampilan luar biasa. Bahkan dari sejarahnya, ternyata nelayan Tomalou ini sudah lama melakukan aktivitas sebagai nelayan.

Buyung menambahkan sebagai masyarakat nelayan mereka harus menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan.

“ Jadi ini kita terus mendorong supaya tradisi atau syarat-syarat penangkapan yang ramah lingkungan ini terus kita jaga,” ungkap Buyung Radjiloen usai menghadiri kegitan FKNT 2020 di Kelurahan Tomalou, Sabtu (18/01).

Lebih lanjut, Buyung Radjiloen mengatakan festival kampong nelayan tomalou merupakan festival yang pertama di Indonesia, sehingga diharapkan kepada masyarakat nelayan bagaimana menjaga dan melestarikan lingkungan. Menurutnya, konsep festival ini, adalah ramah lingkungan yang akan kita hadirkan di festival tersebut seperti bersih-bersih pantai, kampanye sadar sampah. Nah, kita harapkan nelayan kita sadar bagaimana menjaga lingkungan kita mulai dari diri kita sebagai nelayan,” jelasnya.

Buyung juga berharap melalui festival ini kita bisa menemukan jati diri mereka agar supaya masyarakat nelayan semakin maju dan sejahtera. Namun Bagi Buyung, yang paling terpenting bagaimana sektor perikanan memberikan suatu kontribusi besar.

“ Kami hadirkan kawasan kuliner, sehingga kami berharap dengan konsep ini memiliki nilai tambah terhadap usaha perikanan yang sudah ada di Kelurahan Tomalou. Agar kelurahan ini bisa berkembang sebagai salah satuh kelurahan nelayan yang maju dan memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian di daerah,” harapnya. (Aidar)
Share:
Komentar

Berita Terkini