Kerja Sama Pemkot Tidore dan Sevilla Merupakan Langkah Maju

Editor: Admin author photo
Foto: Mochtar Djumati (Wakil DPRD Kota Tidore Kepulauan)
TIDORE-  Kerja sama Pemkot Tidore Kepulauan Sevilla Spanyol merupakan langkah maju. Wakil Ketua DPRD Kota Kepulauan Mochtar Djumati mengatakan hal itu saat rapat bersama OPD di Kantor DPRD Kota Tidore, Rabu (8/1/2019).

Rapat tersebut merupakan tindaklanjut perjanjian kerja sama antara Pemkot Tidore dan Sevilla merupakan terobosan baru, tapi  belum ada kesepahaman  dengan perjanjian kerja sama tersebut.

“  Rapat tadi di skorsing maka pemerintah daerah harus mempersiapkan kembali item-item kerja samanya seperti apa, tentunya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang  menguntungkan kedua bela pihak, jika itu sudah sesuai langsung di tandatangani dengan persetujuan oleh DPRD,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Mochtar Djumati mengatakan, kalau tujuan kerja sama ini betul-betul dilihat secara baik agar bisa membuka akses dan promosi daerah kita ini. Bukan hanya di wilayah Indonesia saja, tapi bisa sampai ke wilayah Eropa. 

Mengenai konsep pemerintah daerah dalam perjanjian itu. Mochtar mengakui  sejauh ini kita belum bisa melihat detail rencana kerjanya seperti apa, karena dari rencana kerja ini melahirkan MoU nantinya. Makanya kita harus betul-betul melihat rencana kerja ini menguntungkan kedua belah pihak  di sektor apa-apa saja. 

Akan tetapi, nanti dirincikan oleh Pemerintah Daerah, namun rapat tersebut telah disepakati kurang lebih satu minggu ke depan ini Pemerintah Daerah akan menyiapkan seluruh konsep baru kita akan membahas bersama, tandasnya.

Terpisah, Kepala Bapelitbang Kota Tidore Kepulauan Sofyan Saraha mengatakan surat yang kita sampaikan itu penawaran konsep yang ingin dikerjasamakan dengan pihak Sevilla atau kerja sama kota kembang. Namun dalam rapat tersebut  masih bersifat umum. Nah, dari hasil pembicaraan itu harus dirinci secara baik.  

“ Kerja tim Pemerintah Daerah akan kembali merincinya sebaik mungkin, setelah itu dalam waktu satu dua minggu kita akan melakukan rapat lagi dengan pihak dewan” ungkapnya.

Sofyan Saraha menambahkan konsep pariwisata dan kebudayaan misalnya promosi pariwisata yang mau dirinci wisata apa-apa saja yang mau dipromosikan di sana,  potensinya potensi apa saja yang mau dikembangkan. 

“ Jadi setiap instansi yang hadir disini semuanya merincikan program masing-masing baru di sampaikan lagi di DPRD, karena ini baru pembicaraan awal dengan dewan,” tutupnya. (Aidar)

Share:
Komentar

Berita Terkini