KPU Halbar Gelar Tes Ujian Tertulis Calon Anggota PPK

Editor: Admin author photo
Suasana Tes Ujian Tertulis PPK Di Halmaheta Barat (foto:ist)

JAILOLO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat,  melaksanakan tes ujian tertulis bagi calon anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Pemilu 2020 wilayah Kabupaten Halbar. Kamis, (30/01/20)

Peserta ujian tertulis calon anggota PPK tersebut diikuti 179 calon yang terbagi dari 8 kecamatan. Tempat pelaksanaan kegiatan berlangsung di gedung SDN Inpres 2 Halbar Desa Hatebicara

Menurut Ketua KPU Kabupaten Halbar, Miftahuddin Yusup calon anggota PPK untuk Pemilu 2020 yang mengikuti ujian ini merupakan hasil dari  yang lolos berkas sesuai persyaratan.

"Selanjutnya yang nantinya dinyatakan lolos ujian tertulis tersebut akan memasuki tes wawancara yang dilakukan Kelompok Kerja (pokja) dari KPU untuk diketahui secara mendalam tentang pemahaman mereka terkait kepemiluan dan undang-undang penyelenggaraan soal Pemilu," Jelas Miftahuddin.

Kata miftah Bagi peserta yang tidak mengikuti seleksi pada hari ini di nyatakan gugur secara otomatis.

"Usai tahap ini ada ruang tanggapan masyarakat yang di buka masyarakat yang mungkin akan di buka dan KPU di posisi itu tetap terbuka menerima setiap masukan yang di sampaikan baik itu bawaslu maupun masyarakat," ujar Ketua KPU.

Kaitannya dengan persolan kemarin KPU tanggapi bahwa ada temuan bawaslu terhadap kaitannya dengan peserta yang terlibat dalam partai politik.

"Yang jelas kami konsisten menunggu rekomendasi resmi yang di sampaikan oleh bawaslu disertai dengan bukti bukti yang ada dan kalaupun itu terbukti secara otomatis yang bersangkutan tidak bisa di akomodir dan pasti di gugurkan jadi untuk itu saya selaku ketua KPU meminta kepada bawaslu untuk sesegara mungkin sebelum proses pengumuman tertulis di umumkan pada tanggal 3 di hari Senin harus sudah menyampaikan rekomendasi ke KPU untuk ditindaklanjuti,"tegasnya

"Harapan KPU halbar muda mudahan seleksi tes tulis ini bisa menghasilkan calon calon PPK yang memiliki integritas yang punya pemahaman keperlindungan untuk kaitannya dengan proses pemilihan kepala daerah khususnya di Halmahera Barat.

"Saya yakin dan percaya bahwa yang nantinya akan di umumkan 10 orang di masing masing kecamatan itu sudah melalui tahapan yang positif sesuai norma yang berlaku," pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, pada tahapan pelaksanaan turut hadir Komisioener Divisi Hukum & Pengawasan Bawaslu Halbar Mohtar Alting menyampaikan dalam tahapan ini nantinya dapat memiliki calon peserta yang memahami terkait dengan wilayah demokrasi, kepemiluan dan memahami wilayah kinerja ppk serta teknis penyelenggaraan dalam lingkup ppk maupun jajaran pps dan kpps.

Ia berharap KPU Halmahera barat dalam seleksi ini terbuka sehingga memiliki peserta yang punya integritas yang baik.

"Saya juga menghimbau serta meminta semua stekholder maupun masyarakat agar dapat memberikan masukan serta pengaduan untuk peserta yang memiliki masalah kode etik dalam penyelenggaraan kepemiluan beberapa waktu yang lalu serta peserta yang terlibat dalam partai politik. Tutup Ota sapaan Akrab Mohktar. (red-zu3)
Share:
Komentar

Berita Terkini