Respon Keluhan Masyarakat, Pemdes Sapa Timur Tertibkan Kambing Liar

Editor: Admin author photo
Foto: Kambing Liar saat diamankan aparat Desa Sapa Timur

MINSEL- Pemerintah Desa Sapa Timur Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), hari ini melakukan penertiban hewan liar yaitu Kambing, Sabtu (04/01/2020).

Ronny Lengkey selaku pejabat Hukum Tua (Kades) Sapa Timur menyampaikan bahwa penertiban ini sebagai bentuk keluhan masyarakat.

"Tindakan pemerintah desa dalam penertiban kambing liar, sesuai dengan hasil rapat kesepakatan yang kemudian dituangkan dalam peraturan desa yang dibentuk bulan desember 2019 lalu, banyaknya kambing yang dilepas begitu saja oleh pemiliknya di pemukiman umum secara langsung akan ditindak dan diamankan untuk memberikan efek jera," Jelas Lengkey.

Terpantau sekitar 40 ekor kambing berhasil diamankan pihak pemerintah desa, dan di kumpulkan didepan kantor desa sembari menunggu pemiliknya untuk mengambil hewan liar tersebut.

"Kami memberikan waktu selama 3 x 24 jam untuk menunggu pemilik dari hewan-hewan ini untuk mengambilnya. dengan catatan harus melunasi denda administrasi yang sudah menjadi kesepakatan dalam Perdes. jika tak ada pemiliknya, maka hewan ini kami anggap liar dan akan dijadikan milik desa," Tambahnya.

Foto: Ronny Lengkey, S.Pd (Pj.Hukum Tua Sapa Timur) 

Tindakan pemerintah desa ini mendapat apresiasi dari masyarakat setempat. Hamdan Todano warga desa sapa timur mendukung apa yang dilakukan pemerintah desa.

"Apa yang dilakukan pemerintah desa ini harus kita support, karna selama ini Kambing yang dilepas begitu saja sudah lama menjadi keresahan masyarakat. dan saya rasa masyarakat desa sapa raya mayoritas mendukung peraturan pemerintah desa ini," Katanya.

Sampai berita ini dimuat, terlihat sudah beberapa masyarakat yang datang ke kantor desa guna mengambil kambing milik mereka. (Ir)


Share:
Komentar

Berita Terkini