Riri Aisyah Do Taher Ajak Masyarakat Tidore Sadar Wisata

Editor: Admin author photo
Foto: Riri Aisyah Do Taher (Anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan)
TIDORE - Setelah ditetapkan sebagai Kota bersaudara atau Kota kembar antara Kota Tidore Kepulauan dan Kota Sevilla Spanyol pada pertemuan GNMC ke - 10 di Kantor Wali Kota Tidore pada bulan Juli 2019 lalu.

Kini kerja sama tersebut di seriusi oleh Pemkot dan DPRD Kota Tidore Kepulauan dengan menggelar rapat di  gedung DPRD Kota Tidore Kepulauan, Rabu (8/1).

Rapat antara sejumlah Anggota DPRD Kota Tidore dengan sejumlah OPD terkait telah membahas sejumlah potensi yang di miliki oleh Kota Tidore Kepulauan yang akan disuguhkan pada penyambutan kedatangan turis dari Kota Sevilla maupun Sail Tidore 2021.

Melihat banyaknya potensi pariwisata tersebut yang dimiliki Kota Tidore Kepulauan ini. Anggota DPRD Riri Aisyah Do Taher mengatakan perlu adanya upaya sadar wisata kepada masyarakat Kota Tidore Kepulauan.

Kata Riri promosi wisata bukan salah satu poin, akan tetapi penting  adalah sadar wisata, karena orang Tidore belum tentu menerima pendatang, apalagi dari negara Asing. “  Kalau orang dari Sevilla itu dorang bisa menerima torang datang karena dorang sudah terbiasa dengan turis, sedangkan orang Tidore belum terbiasa dengan turis, sesama Indonesia saja belum bisa menerima apalagi dari negara luar,” pungkasnya.

Lebih lanjut,  Riri mengatakan sebelum orang asing (Sevilla) datang, kita terlebih dahulu harus sadarkan dulu orang Tidore untuk sadar wisata bagaimana mereka menerima orang asing yang datang. " Nanti Tidore itu jadi ramai, apakah masyarakat siap atau tidak, mungkin itu yang paling penting menurut saya," ucapnya

Riri menambahkan dalam mengembangkan sektor  pariwisata di daerah juga memerlukan komunitas - komunitas  yang sadar wisata.
“ Suatu daerah itu dapat berkembang tergantung juga dengan komunitas, jadi bagaimana kita menciptakan komunitas dan menciptakan kreativitas anak muda," jelasnya.

Dia beralasan daerah itu maju bila orang asing itu datang mereka bisa tahu di mana tempat untuk membeli suvenir daerah dan tujuan mereka berwisata sudah tahu tempat wisata mana yang bagus.

“  Jadi kita butuh komunitas sadar wisata, itu yang paling penting," tutupnya.(dar)

Share:
Komentar

Berita Terkini