Rumah Sakit Bobong dan Enam Puskesmas Terakreditasi

Editor: Admin author photo
Foto: Kuraisia (Kadis Kesehatan Pemkab Pulau Taliabu)
TALIABU -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu melalui Dinas Kesehatan berhasil mendorong akreditasi empat Puskemas di wilayah Pulau Taliabu sepanjang tahun 2019 lalu.

Empat Puskemas yang resmi diakreditasi itu meliputi Puskemas Losseng, Nggele, dan Gela dengan hasil akreditasi kategori Puskemas Dasar.

 "Sejauh ini dari 8 puskesmas dan satu rumah sakit yang dimiliki Pemkab Pulau Taliabu, enam (6) puskesmas diantaranya sudah terakreditasi termasuk Rumah Sakit Bobong,” Kata Kepala Dinas Kesehatan Kuraisia Marsaoly di ruang kerjanya (8/1).

Kuraisia menjelaskan langkah akreditasi dari Komisi Akreditasi dari Kementerian Kesehatan bersama Tim Pokja Penilaian ini sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 41 tahun 2015 yang mengamanatkan pemerintah daerah untuk melakukan akreditasi terhadap seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).  

Lebih Lanjut, Kuraisia mengatakan tujuan utama akreditasi puskesmas yang dilakukan adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen risiko.  

“ Akreditasi ini bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi. Namun lebih dari itu untuk menunjang penyelenggaraan Puskesmas yang merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten sebagai penanggung jawab penyelenggaraan pembangunan kesehatan di wilayah ini,” tuturnya. 

Selain itu, pihak mengucapkan  terima kasih kepada seluruh pendamping Akreditasi Kabupaten Pulau Taliabu dan juga tingkat provinsi serta bantuan dan dukungan dari Bupati Pulau Taliabu, ucapnya.

Kuraisia menambahkan hingga saat ini pihaknya telah menyediakan 10 dokter umum yang ditempatkan pada 8 Puskesmas termasuk satu dokter spesialis yang ditempatkan di RSUD Bobong saat ini, tutupnya. (Ari)

Share:
Komentar

Berita Terkini