Satu Balon Pilkada Halbar Maju Lewat Jalur Independen

Editor: Admin author photo
ilustrasi bakal calon independen

JAILOLO - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Tahun 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Barat didatangi bakal calon bupati dan wakil bupati jalur independen.

Ketua KPU Halmahera Barat melalui Kordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Yanto Hasan, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya menyampaikan, untuk calon independen sampai sejauh ini sudah ada yang mendaftar.

"Pada tanggal 17 januari 2020 kemarin, melalui Winan Liburtemar Lololuan yang selaku operator pasangan calon dengan resmi datangi kantor KPU Halmahera Barat mendaftarkan Akter Sahae dan Hi. Bahrudin Syaifudin sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Halmahera Barat melalui jalur independen," ungkap Yanto.

Lanjut Yanto bilang pada pendaftaran itu di langsungkan dengan surat mandat.

"Bukan hanya itu, pada saat pendaftaran kemarin (17 Januari 2020), langsung di tandai dengan surat mandat yang di berikan oleh pasangan calon dengan nomor surat mandat yaitu Nomor : 00/ASA-BARU/HB/I/2020," sebutnya.

Sementara itu, untuk bakal calon yang ingin mendaftarkan melalui jalur Independen agar bisa mendapatkan formulir B1KWK perseorangan, untuk formulir dukungan dapat di cetak langsung dari aplikasi silon (sistim informasi pencalonan).

Yanto juga menegaskan, untuk bakal calon jalur independen yang hendak melakukan penyerahan sarat dukungan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati agar dapat langsung kekantor kpu, dan karena batas penyerahan syarat dukungan hanya sampai pada tanggal 23 Februari 2020.

"Selain itu, kpu juga akan melakukan pengecekan dukungan dan sebaran, yang mulai pada tanggal 19 Febuari - 26 febuari 2020, hal ini berdasarkan PKPU 16 Tahun 2019 tentang tahapan program dan jadwal," terangya. (red-zu3)
Share:
Komentar

Berita Terkini