Selamat Jalan Ko Syam, Semoga Husnul Khotimah

Editor: Admin author photo
Foto: Almarhum Drs. Syamsir Andili (Mantan Walikota Ternate)
SEMUA orang tersentak begitu mendengar berita duka mantan Walikota Ternate Drs. Syamsir Andili meninggal dunia pada subuh 23 Januari dini hari.  

Syamsir Andili yang akrab disapa Ko Syam, itu menghembuskan nafas terakhir di kediamannya di Jalan Raya BTN, Kelurahan Maliaro, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara.

Ko Syam, sebelum meninggal sempat dibangunkan oleh sang isteri tercinta Hj. Genyawati Andili untuk shalat subuh. Usai shalat subuh almarhum sempat mengeluh sakit perut.

Mendengar kabar duka tersebut sejumlah keluarga dan kerabat memadati rumah almarhum di bilangan BTN, Kelurahan Maliaro, Ternate.

Kini jenazah putra kelahiran Ternate, Maluku Utara, 68 Tahun lalu. Dimakamkan di perkuburan keluarga, Kelurahan Maliaro. Ternate, Jumat 23 Januari 2020, siang tadi.

Ko Syam adalah sosok tokoh politik yang humanis dan kharismatik yang begitu banyak di kenal semua kalangan. Berkat tangan dingin beliau banyak konsep dan gagasan dicurahkan untuk membangun Kota Ternate tanpa mengabaikan budaya adat seatorang.

Perjalanan karier Ko Syam tergolong panjang. Di mulai dari  Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Maluku Utara Tahun 1978-2004. Karier politisi senior partai golkar ini terus beranjak hingga menduduki kursi Anggota DPRD Provinsi Maluku melalui Fraksi Partai Golkar selama 2 periode, yakni Masa Bhakti 1987-1992 dan 1992-1996.

Di tahun yang sama, sosok Ko Syam dipercayakan menjabat Walikota Administratif Ternate Periode 1996-1999. Pada tahun 1999. Syamsir Andili kembali di percaya menduduki kursi Wali kota Madya KDH Tk II Ternate periode 1999-2000.

Karier politik Ko Syam terus merekot pada tahun 2000 nan silam. Pada medio 2000-2005, Syamsir Andili untuk ketiga kalinya menduduki jabatan Walikota Ternate bersama Iskandar M. Djae sebagai Wakil Walikota Ternate.

Pilkada 2005 lalu. Syamsir Andili berpasangan Amas Dinsie mencalonkan diri sebagai Calon Walikota dan Wakil Walikota Ternate Periode 2005-2010. Kedua pasangan Syamsir-Amas terpilih melalui pemilihan langsung mengalahkan pasangan calon Boki Nita Budi Susanti dan Sidik Dero Siokona.

Wafatnya Drs. Syamsir Andili membangkitkan simpati dan duka cita di seantero Maluku Utara. Selamat Jalan Ko Syam, semoga Husnul Khatimah, Amiiin Ya Rabb.
Share:
Komentar

Berita Terkini