Seleksi PPK, KNPI Malut Minta KPU Proporsional dan Transparan

Editor: Admin author photo
Foto: Muhlas Djafar Wakil Ketua Bidang Politik DPD KNPI Malut
TERNATE- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Maluku Utara (Malut) menaruh harapan besar terhadap proses seleksi petugas penyelenggaraan Pilkada 2020 hingga ke tingkat paling bawah. 

Wakil Ketua Bidang Politik DPD KNPI Malut, Muhlas Djafar, mengatakan  seleksi Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) secara serentak di 8 kab/kota yang direncanakan tanggal 15 Januari 2020 agar benar-benar proporsional dan terbuka untuk publik.

“ Hal ini perlu kami cermati  agar pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota secara serentak berjalan lancar, aman dan demokratis,” tutur Muhlas Djafar kepada wartawan media ini. Minggu (12/01/2020).

Muhlas mengharapkan komisioner KPU di 8 Kab/Kota agar melaksanakan tahapan seleksi PPK tidak boleh tunduk dengan tekanan yang ujung-ujungnya titipan dari kelompok-kelompok tertentu. Lanjut Muhlas, untuk meloloskan orang-orang yang di titip sebagai penyelenggara teknis di kecamatan nanti dalam hal ini petugas PPK. 

“ Saya mencermati ada dua tahapan yang harus benar-benar di umumkan hasilnya, yakni tahapan tes tertulis dan tes wawancara agar publik bisa tahu dan menanggapi hasil seleksi. Jangan sampai kekhawatiran publik KPU meloloskan calon anggota PPK yang tidak bagus nilainya di tes tertulis dan wawancara,” tegasnya.

Muhlas menambahkan, mantan penyelenggara (PPK-Red) yang bermasalah di tahapan Pileg dan Pilpres jangan di loloskan lagi agar integritas penyelenggara  pemilu dapat di terjaga dan berkualitas.

“ DPD KNPI Malut berharap KPU 8 Kab/Kota tetap menjunjung tinggi  amanah yang di emban sebagai penyelenggara pemilu yang bermartabat,” tutupnya. (Adi)

Share:
Komentar

Berita Terkini