Si Merah Mengamuk, Elegi Sepuluh KK

Editor: Admin author photo
Foto: Kebakaran
TERNATE—Lelaki paruh baya yang tengah santai di depan kediaman mungilnya, terpaksa dipapah sejumlah orang.  Dia diselamatkan para pedagang grosir dari amukan si jago merah, Kamis (23/01/2020). 

Kejadian tersebut berlangsung sekitar pukul 17.50 Bagian Timur Waktu Indonesia (BTWI). Tepatnya, di kawasan pusat Kota Ternate, di RT 03/ RW 03, Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut).

Adalah Hasan Jafar yang harus menahan getir akibat rumahnya terbakar hangus tak bersisa. Namun, untung saja Hasan yang lumpuh permanen itu dapat terselamatkan. Menurut Hasan, asal api merambat dari belakang rumahnya. Hasan yang kelahiran 68 tahun yang silam itu, mengaku tak tahu-menahu bila rumahnya telah dimakan api.

Sialnya, tak hanya Hasan yang harus menanggung kegetiran tersebut. Sembilan tetangga lainnya juga merasakan kesedihan akibat amukan si merah. Tercatat, sepuluh rumah yang seluruhnya berkonstruksi kayu itu ludes ditelan api.

Hasan Jafar yang akrab disapa Ko Acan, itu, menyatakan, titik api bermula akibat terjadinya arus pendek. Hanya saja, hingga berita ini dirilis, belum ada keterangan resmi dari pihak berwenang, baik pemerintah setempat maupun kepolisian.

Dalam peristiwa tersebut, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Ternate, menerjunkan sedikitnya 40 personilnya. Kepolisian Resor (Polres) Ternate turut pula bahu-membahu memadamkan api yang menyala di kawasan kumuh itu. Tak sedikit warga di sana juga ikut membantu untuk meredakan amukan si jago merah.

Musibah jelang pergantian waktu terang ke gelap, itu diperkirakan menimbulkan kerugian yang tak sedikit. Sumber berwenang yakni pemerintah setempat belum mengeluarkan pernyataan resmi tentang hal ini. Yang pasti, kejadian ini menjadi elegi bagi sepuluh kepala keluarga yang, terpaksa harus mengiba. (Adi)
Share:
Komentar

Berita Terkini