Tiga Balon Perseorangan Resmi Mengambil User Name Password di KPU

Editor: Admin author photo
Foto: Anggota KPU Malut, H. Buhari Mahmud

TERNATE – Bakal Calon Perseorangan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah 8 Kabupaten/Kota hari ini resmi mengambil password user nama atau menyerahkan mandat oleh KPU Provinsi Maluku Utara. Ketua Devisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Maluku Utara Buchari Mahmud mengatakan hal itu kepada awak media, Sabtu (11/1).

Hari ini baru tiga pasangan bakal calon dari 8 Kabupaten/Kota mengambil user name password  atau menyerahkan mandat dari KPU. Di antaranya Balon Independen Walikota Ternate Muhdi H. Ibarhim-Gazali Wasteplat, Balon Bupati Halsel Asnawi Lagante dan pasangannya, Balon Bupati Kepsul Sumitro Muhammaddia dan pasangannya” ungkap Buhari.

Buhari menambahkan  pasangan balon peseorangan yang ingin menyerahkan dukungan harus menyampaikan mandat  diantaranya biodata dari pasangan calon misalkan Calon Walikota dan Wakil Walikota maupun Calon Bupati dan Wakil Bupati. Tak hanya itu, balon perseorangan harus mempersiapkan seseorang yang memang punya keahlian di bidang ITE atau komputer untuk menjadi operator.

“ Mengapa itu penting, sebelum menyerahkan syarat dukungan dari tanggal 19- 23 Februari nanti. tugasnya operator itu yang menginput pernyataan- pernyataan pasangan calon di desa dan kelurahan masing masing,” tuturnya.

Buhari menjelaskan ada dua persyaratan balon perseorangan yang pertama jumlah minimal dukungan  dan jumlah sebaran kecamatan 20% lebih dari 50% yang tersebar di kecamatan itu. Kemudian nanti pada persyaratan dukungannya minimal lima hari mulai dari tanggal 19 Februari sampai 23 Februari nanti.

“ Kita nanti tugasnya itu pertama meneliti mengenai jumlah dukungan, nanti kalau sudah terpenuhi semua maka dilanjutkan dengan verifikasi factual pada tanggal 26 Maret artinya sampai yang bersangkutan memenuhi persyaratan. Baru persyaratan itu digunakan untuk mendaftar sebagai pasangan calon pada tanggal 16 sampai 18 Juni yang akan datang,” tutupnya. (riel)
Share:
Komentar

Berita Terkini