Walikota Tidore Temui Direktur Kepelabuhanan

Editor: Admin author photo
Foto: Walikota Tidore H. Ali Ibrahim saat menemui Dirjen Kepelabuhanan di Jakarta
TIDORE – Pemkot Tidore Kepulauan (Tikep) berkomitmen mempercantik pelabuhan rum sebagai pintu masuk akses transportasi laut dari Kota Ternate ke Kota Tidore Kepulauan.

Untuk mematangkan rencana pembangunan pelabuhan tersebut. Walikota Tikep H. Ali Ibrahim di dampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Tikep, Daud Muhammad, menemui Direktur Kepelabuhanan Kementrian Perhubungan di Jakarta, Senin (27/1/2020).

Hasil pertemuan itu. Kadishub Pemkot Tikep, Daud Muhammad, memaparkan pihak Direktur Kepelabuhanan sangat merespon kesiapan Pemerintah Kota Tikep dalam pengembangan pelabuhan rum untuk menjemput agenda bertaraf Internasional, yakni Sail Tidore yang dilaksanakan 2021 mendatang.

"Dalam pertemuan tadi, pihak Direktur Kepelabuhanan merespon baik, sehingga mereka hanya tinggal menunggu data dari Dinas Perhubungan mengenai pembangunan pelabuhan Rum tersebut,” ungkap Daud Muhammad. 

Lanjut Daud, selain pelabuhan rum. Untuk pelabuhan Trikora Goto, nantinya di minta ke pihak KUPP Soasio dan KSOP Ternate untuk melakukan pembahasan satuan tiga pada tanggal 6 Februari 2020 di Surabaya untuk ditindaklanjuti. 

“ Jadi kami dari Dishub fokusnya pada pengembangan pelabuhan rum,” tutur Kadis.

Untuk itu, Daud menambahkan saat ini pihaknya telah menyiapkan dokumen perencanaan pembangunan pelabuhan rum dari sisi darat, baik itu terkait dengan DID, Fisibilty Study, Dokumen Lingkungan, UKL dan UPL dan itu sudah disahkan.  Selanjutnya tinggal menyiapkan dokumen perencanaan dari sisi laut.

“ Tahun 2019 lalu, kami sudah siapkan dokumen perencanaannya dari sisi darat, untuk sisi lautnya kami akan siapkan di tahun 2020 ini,” kata Daud. (Aidar)
Share:
Komentar

Berita Terkini