Apdesi Tikep Vakum, Bulan April Aktif Lagi

Editor: Admin author photo
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Tidore Abdul Rasid. (foto :ist) 

TIDORE- Setelah sekian tahun mengalami kefakuman secara internal dalam kepengurusan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kota Tidore Kepulauan, menarik perhatian tersendiri dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Tidore Abdul Rasid.

Menurutnya, untuk menghidupkan kembali Apdesi Kota Tidore pihaknya dalam waktu dekat bakal memfasilitasi pertemuan dengan kepala-kepala desa sekota Tidore Kepulauan untuk membicarakan terkait dengan musyawarah Abdesi tahun 2020. Pasalnya kehadiran Abdesi sangat penting untuk membantu memaksimalkan percepatan pembangunan di desa yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa.

"Apdesi ini merupakan organisasi independent di internal pemerintah Desa, jika Apbdesi sudah dibentuk maka ada dua strategi pokok yang nantinya dijalankan pertama terkait dengan Konsepsional dalam bentuk penyampaian pemikiran, sasaran dan gagasan Apdesi kepada penentu kebijakan dalam hal ini Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat mengenai aturan," paparnya

"ke dua strategi operasional yang lebih mengarah kepada kepentingan dan nasib kepala desa dan perangkat desa seperti kedudukan keuangan, Advokasi, dan Penghargaan yang secara langsung menyentuh kepentingan kepala desa dan perangkat desa," sambung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Tikep Abdul Rasid. saat ditemui di ruang kerjanya Kamis, (13/2/2020)

Untuk itu, Kadis menargetkan bahwa terkait dengan Musyawarah Apdesi ini sendiri akan dilakukan pada bulan April 2020 mendatang, sehingga dengan begitu setiap permasalahan yang ada di desa, dapat ditampung melalui Apdesi kemudian disampaikan ke Pemerintah daerah untuk ditindaklanjuti.

"Kami tentu sangat membutuhkan kehadiran Abdesi, karena salah satu tujuan dari organisasi tersebut hanya untuk menyamakan gerak langkah semua desa sekota Tidore dalam melaksanakan pembangunan sehingga bisa sinkron dengan pembangunan prioritas ditingkat Kota, Provinsi dan Nasional," pintanya.

Menanggapi persoalan tersebut, Muchlis Malagapi yang juga sebagai kepala Desa Maitara Tengah Kecamatan Tidore Utara mendukung penuh membantu PMD Kota Tidore untuk mengkomunikasikan hal ini dengan Kepala-Kepala Desa agar dapat mensukseskan kegiatan tersebut.

"Apdesi Kota Tidore ini mengalami kefakuman sudah cukup lama, apa yang diinginkan Pak Kadis, merupakan sebuah terobosan positif yang harus didukung secara bersama oleh Kepala-Kepala Desa Sekota Tikep," tandas lelaki yang juga sebagai kades dua periode ini.(Aidar)
Share:
Komentar

Berita Terkini