Bawaslu Minsel Hadiri Rakernis Persiapan Pengawasan Kampanye

Editor: Admin author photo
Foto: Kegiatan Rakernis Persiapan Pengawasan Kampanye Rapat Umum Pemilu 2019 
MANADO- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mengikuti Rapat Kerja Teknis (Rakernis) persiapan menghadapi tahapan kampanye rapat umum yang di selenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang digelar di Peninsula hotel, Rabu (13/02/2020).

Bawaslu Minsel diwakili oleh Kordiv. PHH Abdul Majid Mamosey dan Kordiv. HPP alfrets sengkey. Rakernis ini dipimpin oleh Mohammad Affifudin Anggota Bawaslu RI.

"Rakernis ini dilaksanakan, karena mulai 34 Maret sampai 13 April 2019, kampanye rapat umum dimulai, berbeda pengaturannya dengan yang sekarang sebab sudah boleh di lapangan dan lainnya, maka potensinya dipetakan dan kesiapan pengawas ditingkatkan," kata Anggota Bawaslu RI, Mohammad Affifudin, di Manado. 

Afif yang juga koordinator divisi pengawasan Bawaslu RI mengatakan Bawaslu di tingkatan kabupaten dan kota harus bisa memetakan kerawanan konflik pada waktu dan lokasi kampanye. 

Dia mengakui memang khusus Sulawesi Utara, untuk potensi kerawanannya masih dibawah angka lima yang menunjukan bahwa potensi itu masih bisa dikatakan sedang, tidak tinggi. 

Foto: Ist
Tetapi, menurut Afif pihaknya, tetap harus mengantisipasi potensi kerawanan, sehingga pihaknya tetap selalu memperharui potensi kerawanan di Indonesia termasuk sulawesi Utara sehingga bisa dilaksanakan dengan baik. 

Salah satu contohnya, kata Afif, adalah di Jawa Tengah, meskipun awalnya baik-baik saja, tetapi ketika mulai terjadi kasus-kasus pembakaran kendaraan bermotor jadi berpotensi meningkatkan kerawanan menjelang Pemilu, bukan hanya itu tetapi cuaca juga bisa berpotensi menimbulkan kerawanan. 

"Seperti jika terus menerus hujan, yang bisa berpotensi menjadi penyebab kerusakan kotak suara yang bisa saja rusak karena terendam air dan sebagainya sehingga harus dilakukan antispasi, dan pemetaan potensi kerawanan," katanya. 

Sebab itu, Afif menegaskan, maka Bawaslu melakukan persiapan-persiapan dimaksudkan termasuk pada semua logistik Pemilu, supaya sampai saat pelaksanaan Pemilu dan Pilpres berjalan dengan lancar. 

Dalam pelaksanaan Rakernis itu, para pengawas dari kabupaten dan kota ikut juga menyampaikan berbagai masukkan termasuk penegakkan hukum dan pengenaan pasal dalam pelaksanaan pengawasan seperti yang disampaikan Ketua Bawaslu Sitaro, Fidel Malumbot. (Ir/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini