Camat Membuka Musrenbang Kecamatan Tidore Utara

Editor: Admin author photo
Foto saat musrembang

TIDORE- Musyawara perencanaan pembangunan (Musrenbang) kecamatan Tidore Utara Kota Tidore kepulauan Tahun 2020, berlangsung di Aula kantor camat Tidore Utara. Kamis (27/2/2020) di buka secara resmi.

Kepala kecamatan Tidore Utara Harun Ibrahim dalam sambutanya menyampaikan pelaksanaan Musrenbang Kecamatan sebagaimana diatur dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 86 Tahun Tahun 2017 merupakan forum musyawara antar para pemangku kepentingan.

"Ini untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan Kelurahan/Desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten/kota di wilayah kecamatan. Musrenbang RKPD Kabupaten/Kota di kecamatan dikordinasikan oleh Bapedda Kabupaten/Kota dan dilaksanakan oleh camat, " ungkapnya.

Camat juga menjelaskan,
Tahun 2021merupakan tahun kelima (Terakhir) dari RPJMD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2016-2021
atau Tahun Terakhir kepemimpinan Bapak Capt. H. Ali lbrabim, dan Bapak Muhammad Sinen, selaku
Walikota dan Wakil Walikota Tidore Kepulauan Tahun 2016-2021.

"Adapun Pembangunan tema yang diusung pada Musrenbang RKPD Tahun 2021 adalah Penguatan
Sektor Unggulan dan kemajuan Kebudayaan peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Tema ini selain selaras dengan arah kebijakan pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kota Tidore Kepualauan Tahun 2016-2021 juga sinkron dengan
pelaksanaan sail Tidore 2021 nanti,"  jelasnya.

Lebih lanjut camat juga mengatakan, Pelaksanaan musrenbang kecamatan Tidore Utara yang hadiri para lurah dan kepala desa beserta delegasi kelurahan dan Desa ini tidak hanya dimaknai sebagai wadah bagi penyusunan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan akan tetapi musrenbang harus dipandang sebagai saluran resmi yang dipersiapkan untuk  menganalisa aspirasi masyarakat.

"Dalam rangka memperoleh akses yang memadai dalam kebijkan penganggaran pembangunan. Untuk itu, maka mutu proses dan mutu hasil musrenbang akan sangat menentukan efektivitas penyaluran aspirasi dan kebutuhan masyarakat," katanya.

Sedangkan ketua panitia Hamid Sayaifudi dalam laporannya menyampaikan, Musrenbang Kecamatan merupakan forum musyawara tahunan para pemangku kepentingan ditingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan diwilayah kecamatan terkait,  yang didasarkan masukan dari Desa atau kelurahan dan unsur UPTD yang ada serta menyepakati rencana kegiatan lintas Desa/Kelurahan di Tidore Utara.

"Pada forum musrenbang tingkat kecamatan Tidore Utara ini, berbagai masukan dari Desa/Kelurahan serta lintas terkait akan menjadi Dasar rencana pembangunan kecamatan tidore Utara yang akan diajukan kepada SKPD yang berwewenang sebagai dasar penyusunan rencana SKPD tahun berikutnya," katanya.

Musrenbang tingkat kecamatan ini akan menghasilkan prioritas kegiatan yang akan menjadi urusan wajib dan urusan pilihan pemerintah daerah kota tikep .

"Pembangunan tidak akan bergerak maju apabila salasatu dari tiga komponen tata pemerintahan yaitu, Pemerintah, Masyarakat dan swasta tidak berperan atau berfungsi. Karena itu musrenbang juga merupakan forum pendidikan warga agar menjadi bagian aktif dari tata pemerintahan dan pembangunan," Tutupnya. (Aidar).

Share:
Komentar

Berita Terkini