Dispendik Pultab Gelar Sosialisasi Ujian Tingkat SD dan SMP

Editor: Admin author photo
Foto: Sosialisasi Ujian Sekolah Se-Kabupaten Pulau Taliabu

TALIABU – Pemkab Pulau Taliabu (Pultab) melalui Dinas pendidikan (Dispendik) menggelar sosialisasi Ujian tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-Kabupaten Pulau Taliabu. Pada Jumat (28/2/2020).

Sosialisasi Ujian SD dan SMP tersebut dilaksanakan di Kantor Desa Bobong yang telah Asisten I Setda Pultab, Kepala Bidang SD dan SMP dan seluruh Kepala Sekolah SD  maupun SMP di seluruh Kabupaten Pulau Taliabu.

Ketua panitia, Sehat Umagap, dalam pelaporan menyampaikan tujuannya kenapa sosialisasi UN ini di laksanakan agar ujian ini dapat di ketahui oleh semua pihak terkait.

“ Tujuan sosialisasi ini adalah agar bisa memberikan informasi terkait dengan tata cara pelaksanaa ujian nasional tahun ajaran 2019/2020 untuk bisa di ketahui oleh seluruh kepala sekolah SD dan SMP di pulau Taliabu,” ungkap Sehat Umagap kepada reporter media ini.

Dia menambahkan bahwa sosialisasi ujian nasional adalah langkah awal memberikan informasi terhadap satuan pendidikan yang di dalamnya memuat tentang bagaimana aturan dan tata cara penyelenggaran ujian tersebut, ujarnya.

Sementara itu, sambutan Bupati Pultab yang dibacakan Asisten I Setda Pultab, Ahmad Salawani, mengatakan sosialisasi ujian nasional adalah bagian dari salah satu indikator penyelenggaraan, pengololaan dan penilaian pendidikan.

"Sosialisasi ujian nasional tahun ajaran 2019/2020 biasa di sebut dengan kegiatan yang memiliki esensi yang penting. Dikarenakan hal ini tentu saja dapat di jadikan sebagai salah satu indikator berjalannya program pengelolaan penyelenggaraan dan penilaian pendidikan,” paparnya.

Menurut Ahmad Salawani, sosialiasai semacam ini perlu di lakukan. Mengingat, ujian nasional setiap tahun mengalami perubahan.

Selain itu, sosialisasi ini berfungsi mengukur dan menilai pencapaian kompetensi kelulusan dalam mata pelajaran tertentu serta pemetaan mutu pendidikan pada sekolah dasar dan SMP juga menjadi motivasi bagi pihak-pihak terkait untuk bekerja lebih baik, guna mencapai hasil yang baik.

Karenanya, Berbagai hasil penelitian menunjukan bahwa adanya UN siswa-siswi terdorong untuk belajar lebih baik dan sebaliknya guru terdorong untuk mengajar lebih baik, tukasnya.

Ia berharap lewat sosialisasi ini, semua pihak terkait bisa mengambil peran untuk keberhasilan ujian nasional nantinya.

"Diharapkan kepada semua pihak agar mengambil peran positif bagi keberhasilan ujian sekolah dengan standar USBN dan ujian nasional kertas pensil (UNKP) serta ujian nasional berbasis komputer (UNBK) secara berjenjang."tutupnya.(Ari)
Share:
Komentar

Berita Terkini