DP4 Enam Desa Sudah Serahkan Ke KPU RI

Editor: Admin author photo
Kantor Disdukcapil Pemkab Halbar
JAILOLO - Departemen Dalam Negeri (Depdagri) telah mendata penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) perbatasan wilayah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) – Kabupaten Halmahera Utara (Halut) khusus masyarakat enam desa. 

Hasil pendataan DP4  Halbar-Halut saat ini  sudah di serahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia dan  Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat, Selasa, (18/02/2020).

Pendataan ini dilakukan dalam rangka mengakomodir hak politik warga masyarakat enam desa di perbatasan Halbar-Halut. Karena biar bagaimana pun hal itu merupakan hak konstitusional setiap warga negara untuk menyalurkan hak suaranya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun ini di beberapa kabupaten/kota, terlebih khususnya hak suara yang nantinya akan disalurkan pada pilkada Halmahera Barat.  

Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Halbar, Andi Pili, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (18/02/20) menjelaskan, data DP4 dari Departemen Dalam Negeri sudah diserahkan ke KPU RI pada 23 Januari 2020.

‘ Jadi sekarang KPU RI tinggal mengsingkronkan antara DP4 dengan data pemilih terakhir, sehingga nantinya diturunkan ke masing-masing KPU kabupaten/kota melalui KPU Provinsi,” ujar andi.

Sebab total penduduk secara keseluruhan mencapai 4157 orang. “ Itu total penduduk yang masuk wilayah Halbar berdasarkan memiliki E-KTP Halmahera barat,” cetusnya.

Dia menambahkan DP4 (Jiwa Pilih) yang usianya diatas 17 tahun sebanyak 3719 itu tersebar di wilayah Jailolo Selatan Dodinga dan Bangkit Rahmat,” tutupnya. " (zu3)

Share:
Komentar

Berita Terkini