FKNT Dilaksanakan 1 Maret 2020

Editor: Admin author photo
Foto : Ilustrasi
TIDORE- Setelah intens berdiskusi dan berkomunikasi dengan berbagai pihak terkait terutama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara (Malut). Panitia Pelaksana akhirnya mengundurkan waktu pembukaan event akbar Festival Kampung Nelayan Tomalou (FKNT) Kota Tidore Kepulauan 2020.

Sebelumnya FKNT dijadwalkan tanggal 22 Februari, namun pelaksanaannya diundurkan pada tanggal 1 - 8 Maret 2020. Pengunduran jadwal tersebut tentu beralasan penting dan strategis.

Ketua Panitia Ismanto M Saleh, mengatakan esensi dilaksanakannya FKNT tak sekadar petunjukan dan perlombaan, namun ini event penting bagi masyarakat Tomalou pada khususnya dan nelayan di Tidore. Bahkan, Maluku Utara pada umumnya.

Pasalnya, FKNT merupakan langkah strategis percepatan peningkatan ekonomi masyarakat, serta lebih penting lagi adalah pelbagai masalah nelayan dan perikanan bisa teratasi.

Untuk itu, Ismanto mengatakan event ini membutuhkan kehadiran para pengambil kebijakan dari pusat, yakni kementerian terkait pada event ini. Selain KKP, panitia juga mengundang Kementrian Kemaritiman, Komisi IV DPR RI, Dubes Spanyol, Australia, Sultan Tidore, Gubernur Malut dan sejumlah kepala daerah.

"Dua hari kami menggelar rapat secara intens dengan DKP Provinsi dan berbagai pihak yang terlibat dan berkepentingan dengan FKNT 2020. Dan setelah melalui perdebatan alot serta dengan berbagai pertimbangan, maka disepakati jadwal semula tanggal 22 digeser ke 1 Maret 2020," kata Ismanto,  kepada wartawan media ini saat di temui di lokasi FKNT Kamis (20/2/2020).

Ismanto mengakui, pihak panitia menyadari bahwa keputusan mengundurkan FKNT ini pasti punya implikasi pada berbagai aspek, tapi apa pun itu, keputusan yang diambil dan diyakini adalah langkah terbaik dari berbagai pilihan yang ada.

"Insya Allah dibuka 1 Maret dan dihadiri berbagai pihak dari luar, termasuk pejabat penting dari pusat. Undangannya sudah kita cetak," tuturnya.

Setelah diputuskan mundur 1 Maret, Ismanto menyebut, pihak Panpel mulai gencar berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk para peserta yang sudah dilaksanakan teknical meeting, yakni lomba Mancing yang digeser waktunya tanggal 28 - 29 Februari. Selain itu, undangan acara pembukaan FKNT juga sudah dicetak dan siap distribusi, ujarnya.

Lanjutnya, sebagaimana di ketahui bentuk kegiatan pada FKNT 2020 meliputi beragam acara seperti Ritual Foladomo, Pentas Kolosal 300 lebih Anak Nelayan, Tomalou Expo, Lomba Dayung, Lomba Renang, Lomba Mancing, Lomba Permainan Anak Nelayan, Cerdas Cermat Nelayan, Pekan Kuliner Serba Ikan dan Pentas Budaya Maritim.

“ Lalu ada Atraksi Jaga Laut, Kampanye Sadar Sampah/Plastik, Gerakan Bersih Pantai, Workshop Sejarah Kampung dan Marga, Workshop Etos Nelayan Tomalou, Lomba Fotografi, Lomba Menulis Puisi Nelayan dan Lomba Cover Akustik lagu "Senja di Kampung Nelayan,” katanya. (Aidar)
Share:
Komentar

Berita Terkini