Gandeng BNI, Dinsos Kepsul salurkan Program Bansos

Editor: Admin author photo
Penyerahan bantuan kepada lansia (foto:ist)

SANANA- Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Kamis lalu (20/02/2020) bertempat di Gedung Cakalele-Sanana menggelar Program Bantuan Sosial atau Bansos. Dukungan Keluarga Lanjut Usia dan Program Bantuan Rehabilitasi Anak"

Kegiatan ini merupakan Program Pemerintah Pusat (Kementerian Sosial) ini menunjuk Bank Nasional Indonesia atau BNI Maluku Utara sebagai 'agent of development' penyaluran Bansos tersebut.

Saat ditemui di sela-sela penyaluran bansos, Zulkifli Salampessy bersama Tim BNI mengatakan, bantuan ini untuk lansia,  rehabilitas anak dan BLU.

"Bantuan ini diberikan dalam beberapa kategori, yakni untuk Lansia, rehabilitasi anak dan BLU" ucap Salampessy yang juga merupakan Kepala Bank BNI Provinsi Maluku Utara.

Lebih lanjut Salampessy mengatakan bahwa secara keseluruhan ada 97 Penerima di Kabupaten Kepulauan Sula.

"Untuk Lansia ada 57 Penerima dengan total bantuan Kurang lebih 3jt, kemudian masing-masing 1jt untuk rehabilitasi anak dengan total penerima 20 Anak, serta sisanya BLU atau Bantuan Langsung Umum," sebutnya.

Dikatakan bahwa teknis program ini karena belum ada Outlet BNI di Kabupaten Kepulauan Sula maka Tim BNI datang ke Sanana dan melakukan transaksi keuangan disini.

Salampessy sempat disinggung awak media terkait kemungkinan BNI membuka Outlet atau Cabang di Sanana.

"Sanana memang menjadi salah satu Kota Kabupaten yang ditarget untuk pembukaan Outlet BNI, namun kita masih menunggu Izin dari OJK melalui Bank Indonesia", tutup Salampessy.

Sementara itu pihak Dinsos Kepsul yang ditemui awak media di lokasi kegiatan mengatakan, ini dukungan pemerintah pusat agar kita mendukung dan memberikan data yang valid.

"Jadi progam support keluara ini adalah salah satu dukungan perintah pusat, kita disini berkewajiban mensukseskan dengan memberikan data valid dan tepat untuk keluarga yang menerima", ucap Ragaiya Sibela salah satu kepala seksi di Dinas Sosial Kepsul.

Pihak Dinsos juga mengatakan bahwa selain menlakukan pendataan atas penerima bantuan, juga melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap keluarga penerima agar bansos ini bisa lebih bermanfaat.

Terpisah Kadis Sosial Rifai Apin Masuku saat dimintai keterangan terkait program mengatakan.

"Jadi pada prinsipnya program ini adalah program pemerintah pusat, yakni Program Kemensos, yang mana bersama pemda dan mengandeng pihak bank BNI yang bertujuan untuk pengentasan kemiskinan. Khususnya untuk Lansia atau Lanjut Usia dan anak terlantar diberikan modal usaha", ujar Kadis Rivai melalui pesan singkat melalui aplikasi WhatsApp.

Beliau juga mengatakan bahwa berhalangan hadir dalam acara tersebut karena masih bertugas diluar daerah. (red-di)
Share:
Komentar

Berita Terkini