Ini Jumlah Bantuan Dana Hibah Kota Tikep Tahun 2020

Editor: Admin author photo
Kepala BPKAD Kota Tidore Mansur (sumber : ist

TIDORE- Pemerintah Daerah Kota Tidore kepulauan pada tahun 2020 ini kembali menggelontorkan bantuan dana hibah senilai Rp. 25.289.400.000.

Bantuan tersebut terdiri dari belanja pemerintah sebesar Rp. 19,5 Milyar. bantuan ini dialokasikan kepada beberapa instansi terkait diantaranya KPU Kota Tidore Kepulauan senilai Rp. 12 Milyar, Bawaslu Kota Tidore kepulauan sebesar Rp. 3,5 Milyar. Polres Tidore sebesar Rp. 3 Milyar, Kodim 1505 Tidore sebesar Rp. 1 Milyar.

Selain bantuan hibah yang dialokasikan kepada instansi tersebut dalam rangka mensukseskan Proses pemilukada tahun 2020, adapun bantuan hibah lainnya, seperti Belanja hibah kepada kelompok Masyarakat dalam hal pembangunan masjid, mushollah dan gereja senilai Rp. 1.525.000.000. belanja hibah kepada Badan Lembaga, dan Organisasi Kemasyarakatan yang berbadan hukum Indonesia seperti sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) dan sejumlah Organisasi kemasyarakatan lainnya di Kota Tidore kepulauan senilai Rp. 4.054.400.000.

Kepala Bidang Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tidore Rudi Anwar, mengatakan bahwa pemberian bantuan hibah yang dilakukan oleh pemerintah ini dengan tujuan agar dapat membantu masyarakat dalam melakukan kegiatan di tingkat kelurahan dan desa terutama mengenai pembangunan masjid, mushollah dan gereja.

Olehnya itu penyaluran dana hibah ini nantinya akan dilakukan berdasarkan proposal yang diajukan oleh masyarakat setempat, namun dalam pemberian tersebut tidak bisa dilakukan secara terus menerus terhadap masyarakat yang tinggal di kelurahan/desa tersebut, karena pemberian dana hibah ini akan dilakukan secara bergiliran untuk kepentingan masyarakat di semua kelurahan/Desa yang berada di Kota Tidore Kepulauan.

"Kalau tahun ini masayarakat di kelurahan/desa terkait sudah dapat bantuan hibah, maka tahun berikut diberikan ke masyarakat yang berada di kelurahan/desa yang lain, sehingga bantuannya dapat dirasakan secara merata," ujarnya saat ditemui sejumlah wartawan di ruang kerjanya Senin, (10/2/2020).

Senada juga ditambahkan Kepala BPKAD Kota Tidore Mansur, dirinya mengatakan dana hibah yang ditetapkan oleh pemerintah daerah Kota Tidore ini merupakan hasil pembahasan secara bersama antara DPRD Kota Tidore.

"Jadi setelah proposalnya dimasukan, kemudian dinaikan dalam rancangan APBD dan dibahas oleh DPRD dan Pemkot selanjutnya disetujui jadi totalnya 25 Milyar lebih untuk satu tahun anggaran di 2020," tambahnya. (Aidar)
Share:
Komentar

Berita Terkini