Inspektorat Malut Imbau SKPD Selesaikan Temuan BPK

Editor: Admin author photo
Kantor Gubnernur Maluku Utara (sumber : Google)

SOFIFI –  Hasil temuan Badan Pemeriksaan (BPK) Perwakilan Maluku Utara (Malut) Tahun 2019. Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara tahun Anggaran 2018 mencapai Rp. 36 Miliar.

Sementara  pengembalian kerugian negara tercatat  senilai Rp 4 Miliar lebih dari total temuan BPK Malut.

Kepala Inspektorat Provinsi Malut, Ahmad Purbaya, ketika dihubungi mengenai temuan itu. Dia membenarkan bahwa saat ini Inspektorat Malut sudah menyurat kepada instansi yang ada pelanggaran sesuai dengan hasil temuan BPK.

“ Untuk pengembalian hasil temuan Rp 4 miliar itu sudah ada Surat Tanda Stor (STS). Maka dengan dasar STS itulah menjadi bukti untuk dipertanggungjawabkan apabila ada yang mempersoalkan,” tutur Purbaya kepada awak di Sofifi. Senin (3/02/2020) kemarin.

Ahmad Purbaya mengingatkan kepada instansi yang belum mengembalikan hasil temuan BPK. Pihaknya mengimbau agar segera diselesaikan. Bagi Purbaya, jika kalau tidak dihindahkan, maka Inspektorat akan menyurat kepada instansi terkait dalam rangka menandatangani Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Lanjutnya,  apabila tak ada itikad baik. Inspektorat wajib hukumnya merekomendasikan kepada aparat penegak Hukum (APH) untuk dilakukan proses hukum berdasarkan undang-undang tindak pidana Korupsi (Tipikor).

“ Kalau mereka tidak ada niat baik untuk mengembalikan, maka akan berhadapan dengan aparat penegak hukum,” pungkasnya.

Dia menambahkan, sebatas hanya hasil temuan BPK 2019.  Tapi temuan–temuan di tahun-tahun sebelumnya Inspektorat akan meminta kepada instansi terkait untuk segera melakukan pengembalian ke kas Negara.

“ Kami akan tetap kawal hasil temuan untuk segera dikembalikan,” Kata Purbaya. (Red)
Share:
Komentar

Berita Terkini