Kementerian PUPR Siap Berdayakan Petani Dengan Pelatihan P3A

Editor: Admin author photo
Foto bersama

TERNATE - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,  Direktorat (PUPR) Sumber Daya Air (SDA), Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan SDA Maluku Utara (Malut), melaksanakan pelatihan, Pemberdayaan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Pengembangan Tata Guna Air (PTGA) dan Petugas Operasi dan Pemeliharaan (OP) Irigasi Tahun 2020, pada Selasa (25/02), bertempat di Aula Hotel Villya, Kelurahan Jati, Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara.

Hadir sebagai narasumber, Mohamad Kotra Nizam Lembah, Rahardjo Ari Karjanto, Hardi Prijono, Kristian Surachman, serta diikuti 116 orang terbagi atas Petugas OP Irigasi 54 orang dan anggota kelompaok P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air) 62 orang.

Kepala Balai Wilayah Sungai Maluku Utara, Hariya Muliyanto saat ditemui awak media, usai pelatihan, mengatakan bahwa, ia ingin memberdayakan atau meningkatkan kemampuan dari P3A yang ada di wilayah maluku utara

"Jadi kita berharap dengan adanya pelatihan, kita memberikan materi dari beberapa narasumber khususnya nara sumber yang kita datangkan dari pusat ini bisa memberi tambahan wawasan kepada para kelompok-kelompok P3A bagaimana dalam mengelola daerah irigasi," cetusnya.

"Termasuk juga kita ingin memberikan pembekalan para petugas OP irigasi gerak yang kebetulan memang baru kita rekrut supaya mereka dapat bekerja, sesuai tugasnya dengan optimal," tambah Hariya.

Menurutnya P3A sudah cukup bagus hanya tetap untuk menjaga meningkatkan kemampuan dari P3A, para petani, supaya mereka bisa bersaing dengan petani-petani dari luar maluku utara.

"Yang kita ketahui sekarang produk-produk pertanian kita, terutama hasil sawah kita masih kalah bersaing, khususnya kita dari Ternate, Tidore, yang supply-nya itu kebanyakan dari luar Maluku Utara, jadi sekarang kita coba angkat atau kita coba berdayakan para petani kita bagaimana supaya mereka lebih termotivasi, mereka bisa menjadi tuan di negerinya sendiri," ujarnya Optimis.

Sementara itu Kasubdit OP irigasi dan rawa direktur jendral SDA Kemen PUPR, Muhammad Kanizam Lemba, saat di wawancarai, menyampaikan, P3A di Maluku Utara akan dibina oleh PTGA yang ada di balai wilayah sungai Maluku Utara.

"Jadi kita tidak bisa berdiri sendiri karena ini kita harus kerja sama juga dengan pertanian, kerja sama juga dengan bulog, jadi nanti ada pertemuan pertemuan antara berbagai instansi, untuk penyelenggaraan pembinaan petani kedepan," terangnya.

Menurut dia, bahwa ada petani hanya penggarap, artinya bos senang bosnya saja, nanti perlahan-lahan  didekati Bosnya dan di sampaikan secara langsung.

"Paling bagus itu kalau memang petani yang punya sawah sendiri, jadi bisa mengembangkan sawahnya sendiri, dan bisa lebih maju lagi," tutupnya. (red-Ady)

Share:
Komentar

Berita Terkini