Menjelang Tes Wawancara, KPU Halbar Berharap Lahirkan Calon PPK Berintegrits

Editor: Admin author photo
Ketua KPUD Halbar, Miftahudin Yusup (foto : ist)

JAILOLO - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara akan mengelar tes wawancara kepada 80 calon PPK. Sabtu (08/02/20).

Dari jumlah itu setengah diantaranya dipastikan gugur atau hanya diambil 5 orang dari 10 besar yang lulus dalam tes tertulis diselenggarakan beberapa hari yang lalu.

“Ya, untuk tes wawancara sesuai dengan jadwal Sabtu 08/02/2020” kata Ketua KPUD Halbar, Miftahudin Yusup. Jumat (07/02/2020). Di ruang kerjanya.

Dikatakannya, dalam tes wawancara ini KPU sudah menyiapkan beberapa pertanyaan untuk 80 calon PPK yang akan menjalani tes wawancara.

Menurutnya, nanti calon PPK akan menemui komisioner di ruangan dan setiap komisioner berbeda pertanyaan yang diajukukan.

“Komisioner bisa saja mengajukan hingga lima pertanyaan kepada calon PPK, pertanyaan ini telah kami siapkan dari jauh hari,” cetusnya.

Lanjut Miftahudin nanti para calon PPK diberikan pertanyaan di hadapan komisioner dengan waktu antara 10-30 menit, tergantung dari yang bersangkutan menjelaskan pertanyaan yang diajukan oleh komisioner KPUD Halbar.

Pertanyaan itu, menurut Ketua KPU, seputar tugas dan tanggung jawab penyelenggara KPU. Salah satunya PPK dan juga apa saja yang harus dilakukan oleh PPK. Tentunya hal ini merujuk kepada Peraturan KPU (PKPU) yang saat ini berlaku.

“Kita ingin memilih komisioner PPK yang benar-benar bisa bekerja, bisa mengambil kebijakan dan tentunya punya skill. Sebab, pilkada ini tugas berat kalau salah menempatkan orang maka dampaknya sangat besar,” tutup Miftahudin (red-zu3)
Share:
Komentar

Berita Terkini