PA Amurang Gelar Sidang Nikah di Luar Gedung, 10 Pasangan Menjadi Peserta

Editor: Admin author photo
Foto: Aparatur Pengadilan Agama Amurang Bersama Peserta Isbat Nikah

MINSEL- Pengadilan Agama (PA) Amurang terus melakukan berbagai kemudahan dalam memberikan pelayanan publik. Hal ini di buktikan lewat salah satu progaram peningkatkan pelayanan bagi masyarakat kurang mampu (miskin) yang jauh dari lokasi Pengadilan Agama dengan melaksanakan sidang di luar gedung (Sidang Keliling) dan Isbat Nikah Prodeo.

Hari ini Pengadilan Agama Amurang melakukan sidang Nikah di Kantor Desa Arakan, Kecamatan Tatapaan, Kabupaten Minahasa Selatan, Rabu (26/02).

Dalam Sidang Keliling perkara isbat nikah (Pengesahan Perkawinan) ini, ada sekitar 10 (sepuluh) pasangan yang disidangkan. Dalam sambutannya Ketua PA Amurang Menyampaikan bahwa program ini merupakan bentuk kepedulian Negara terhadap masyarakat.

"Ini merupakan bentuk kepedulian Negara melalui Pengadilan Agama Amurang untuk membantu masyarakat kurang mampu dan sekaligus mengimplementasikan asas peradilan Sederhana, cepat dan biaya ringan," Tuturnya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat Muslim agar setiap pelaksanaan perkawinan agar selalu mendaftarkan ke Kantor Urusan Agama (KUA) setempat.

"Setiap pasangan yang mau menikah harus mendaftarkan diri mereka ke KUA setempat, kalau di desa Arakan ini Kantor Urusan Agamanya ke Tombasian. Dan bagi masyarakat yang masih belum mencatatkan perkawinan mereka dan belum memiliki Kutipan Akta Nikah agar segera mengurus Isbat Nikah ke Pengadilan Agama Amurang untuk kemudian dicatatkan di Kantor Urusan Agama setempat," Tambahnya.

Majelis Hakim Pengadilan Agama Amurang Saat Memimpin Sidang

Pencatatan Kutipan Akta Nikah sangat dibutuhkan, menurutnya hal ini menjadi penting bagi masyarakat, terutama bagi anak-anak mereka.

Salah satu peserta nikah, Rais bakari (37 thn) warga desa Arakan sangat berterima kasih kepada PA Amurang yang telah menggelar Sidang Nikah Keliling, katanya dengan program seperti ini sangat membantu masyarakat pinggiran.

"Jarak kami ke kantor Pengadilan Agama Amurang lumayan jauh, dengan adanya program seperti sangat membantu saya secara pribadi. mempermuda masyarakat serta patut diapresiasi," Ungkapnya.

Dalam sidang ini dipimpin, selaku majelis hakim yang terdiri dari Nur Amin, S.Ag., M.H. (Ketua PA Amurang), Dr. Muh. Nasikhin, S.HI., M.H. (Wakil Ketua PA Amurang) dan Mujiburrokhman, S.Ag., M.Ag. (Hakim PA Amurang) dengan dibantu Panitera Sidang (Muhammad Adil, S.Ag., M.HI. dan Humaera Alwi Assaghaf, S.H. (Ir)
Share:
Komentar

Berita Terkini