Peduli Masyarakat Pesisir, Kapolda Malut Gelar Penanaman Pohon Mangrove

Editor: Admin author photo
Foto bersama Kapolda Malut usai penanaman magrover di Tidore (foto:ist)

TIDORE- Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Rikwanto yang baru dilantik pada 11 Februari lalu. Kunjungan kerja perdana di Kota Tidore Kepulauan dalam rangka Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Ekonomi Masyarakat Pesisir dengan agenda Penanaman Pohon Mangrove di Pantai Mafututu Kecamatan Tidore Timur Jumat (21/2/2020)

Dalam kunjungan tersebut di terima oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Halil Achmad sekaligus ikut menanam pohon mangrove bersama-sama Kapolda Maluku Utara yang sebelumnya dilakukan penyerahan bibit mangrove secara simbolis kepada perwakilan masyarakat Kelurahan Mafututu.

Sambutan Walikota yang dibacakan oleh Staf Ahli Halil Achmad mengucapkan selamat datang di Kota Tidore Kepulauan dan berharap kedatangan Kapolda di Tidore akan merasa aman dan nyaman.

Halil juga mengucap syukur atas kepercayaan yang diberikan, dengan terpilihnya Tidore sebagai tempat penanaman pohon mangrove dimana Pohon mangrove memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai penahan abrasi, serta memberikan nilai ekonomis kepada masyarakat pesisir sekaligus pelindung dari terjangan ombak dan badai.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kapolda Rikwanto bahwa penanaman pohon mangrove hari ini merupakan bentuk kepedulian polri terhadap penghijauan pantai dan ekonomi masyarakat daerah pesisir.

"Dengan adanya pohon mangrove dapat meminimalisir dari bencana abrasi dan mengantisipasi terjangan tsunami mengingat daerah di Indonesia termasuk Maluku Utara merupakan daerah kepulauan yang memiliki potensi mengalami bencana tersebut," cetusnya.

Lebih lanjut Rikwanto mengungkapkan bahwa kegiatan penanaman pohon ini merupakan kegiatan yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia yang diselenggarakan Institusi Polri dengan prakarsa dari Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara.

Rikwanto tak lupa menitipkan pesan kepada masyarakat Tidore Kepulauan untuk menjaga pohon-pohon yang sudah ditanam agar dipelihara dan dijaga oleh masyarakat sekitar selaras dengan prinsip masyarakat Tidore dengan alam.

“Saya berharap sebagai pimpinan Polri di Maluku Utara untuk meneruskan, menjaga dan melestarikan alam ini agar lebih baik lagi, sebagaimana informasi yang saya peroleh sebelum kesini bahwa masyarakat Tidore sudah memiliki prinsip agar bagaimana alam bisa menyatu dengan warga Tidore” kata Rikwanto.

Turut hadir dalam kunjungan ini Ketua Bhayangkari  Polda Maluku Utara, Lisnawati serta beberapa pejabat Polda Maluku Utara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nurbaity Fabanyo, dan warga masyarakat yang terlihat antusias menyambut Kapolda.(Aidar)
Share:
Komentar

Berita Terkini