Pekan Depan Kapal Banawa 32 Siap Berlayar

Editor: Admin author photo

Kapal Benawa 32 (foto : ist)

TIDORE- Pemerintah Kota Tidore kepulauan melalui Dinas Perhubungan Kota Tidore kepulauan siap mengoperasikan satu unit Kapal Pelyaran Rakyat (Pelra) Banawa 32 yang bersumber dari bantuan Kementrian Direktorat Jendral Perhubungan Laut.

Namun pengoperasian tersebut menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Tidore Daud Muhammad masih terkendala karena belum tersedianya lembaga khusus berupa koperasi yang mengurusi kapal tersebut.

"Saat ini Dinas Perhubungan Kota Tidore sudah mulai bergerak dan melakukan pengurusan terkait dengan pembentukan koperasi yang menangani kapal Pelra, bahkan untuk pembuatan akta notarisnya juga telah selesai," terangnya. Rabu (05/02/20) diruang kerjanya kemarin.

Daud mengatakan dalam waktu dekat pihaknya melalui koperasi yang dibentuk sudah dapat mengoperasikan kapal Pelra dalam rangka pelayanan kepada masyarakat.

"Kemarin kami masukan dikelola BUMD namun dari BUMD tidak punya tenaga tekhnis untuk kapal sehingga dibutuhkan adanya koperasi atau lembaga lainnya yang bisa menangani persoalan ini. Jadi, koperasinya sudah kami siapkan dan berdiri dibawah Dishub, Paling lambat minggu depan Kapal Pelra sudah bisa aktif," cetusnya.

Sementara ditanya terkait dengan rute pelayaran kapal Pelra, Daud mengatakan masih tetap melayani masyarakat dengan tujuan Tidore- Oba Utara dengan jadwal yang nanti ditentukan selama empat hari dimulai dari Senin hingga Kamis, 

"Untuk kapal pelra nanti akan berpusat di Pelabuhan Fery Kelurahan Dowora Kecamatan Tidore Timur yang merupakan kewenangan dari Dinas Perhubungan Kota Tidore," terangnya.

Untuk diketahui kapal ini Bantuan dari kementrian Perhubungan sebelumnya memang ada dua kapal yang diperbantukan untuk daerah, hanya saja untuk satu unit kapal rede itu dikelola oleh KUPP Soasio, sementara untuk kapal banawa 32 melalui koperasi yang dikelolah Dishub Tikep. (red-dar)
Share:
Komentar

Berita Terkini