PMD Tikep Akui Ada Satu Desa Tertinggal

Editor: Admin author photo
Kepala Bidang Desa PMD Kota Tidore Iswan Salim (foto :ist) 

TIDORE- Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan dibawah kepemimpinan Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen mencetak prestasi terhadap Indeks Desa Membangun (IDM) yang berstatus Maju dan Berkembang. Meski begitu ada satu desa tertinggal di Kota Tikep.

Hal ini diakui oleh Kepala Bidang Desa PMD Kota Tidore Iswan Salim saat ditemui sejumlah wartawan di ruang kerjanya Kamis (13/2/2020), mengaku bahwa di awal tahun 2020 ini berdasarkan hasil hitungan IDM tahun 2019, dari 49 Desa di Kota Tidore kepulauan sudah terdapat 10 Desa yang berstatus Desa Maju, 30 Desa Berkembang, 8 Desa berstatus tertinggal dan 1 Desa berstatus sangat tertinggal.

"Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya itu Desa dengan status sangat tertinggal hampir sebanyak 10 Desa, dan saat ini hanya tinggal 1 Desa yang berstatus sangat tertinggal," ungkapnya.

lebih lanjut, Iswan menjelaskan bahwa dalam penghitungan IDM itu terdapat tiga indikator yang menjadi perhatian utama diantaranya, Indek Ketahanan Ekologi, Indeks ketahanan Ekonomi dan Indeks ketahanan Sosial, dari tiga indikator tersebut kemudian diakumulasikan dan melahirkan Indeks Desa membangun (IDM).

"Pemerintah daerah Kota Tidore kepulauan juga diberikan Reward/Penghargaan oleh Pemerintah Pusat dalam hal pengelolaan keuangan karena dianggap memiliki kinerja terbaik. sehingga pada tahun 2020 ini, Pemerintah Desa di Kota Tidore Kepulauan dalam hal pencairan dana hanya dilakukan sebanyak dua kali, yakni Pencairan pertama sebesar 60% dan pencairan ke dua sebesar 40%. Untuk Maluku Utara itu hanya Kota Tidore kepulauan dan Pulau Morotai yang diberikan Reward," jelasnya.

Senada disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Tidore kepulauan Abdul Rasid, berharap dengan adanya prestasi tersebut Pemerintah Desa dapat lebih berbenah dan berinovasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, sehingga dengan begitu kedepannya Kota Tidore kepulauan mampu melahirkan status Desa Mandiri, Maju dan berkembang tanpa adanya Desa Tertinggal dan Sangat Tertinggal.

"Saya berharap Desa dalam melakukan kegiatan terus berkoordinasi dengan PMD agar tidak terjadi hal-hal yang bertentangan dengan hukum, kepala-kepala desa juga saya minta dalam pengelolaan keuangan harus dilakukan secara transparan dan setiap kebijakan yang dilakukan harus sesuai dengan mekanisme yang berlaku," tegasnya. (Aidar)
Share:
Komentar

Berita Terkini