Sukseskan Pilkada, Kesbangpol Minsel Bentuk Tim Kewaspadaan Dini

Editor: Admin author photo
Foto: Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Minsel Drs. Benny Lumingkewas


MINSEL- Minahasa Selatan merupakan salah satu daerah yang akan  menggelar pesta demokrasi pada tahun ini. Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) akan digelar serentak pada 23 September 2020 nanti.

Khususnya berkaitan dengan kelancaran Pemilihan Serentak 2020, masalah keamanan dan ketertiban daerah, menjadi atensi khusus pemerintah daerah. Demikian dikatakan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Minsel Drs. Benny Lumingkewas saat diwawancarai di ruangannya, Selasa (11/02/2020).

Lumingkewas menambahkan bahwa yang lebih utama pemerintah Kabupaten berkomitmen mensukseskan Pemilihan kepala daerah, hal ini ditandai dengan penandatanganan MPHD oleh Bupati Minsel.

"Mengantisipasi akan potensi-potensi adanya gangguan yang akan terjadi pada Pilkada nanti, tentu pemerintah daerah mengacu pada surat edaran dari Mendagri tentang pelaksanaan pilkada. pertama pemerintah daerah akan melakukan sosialisasi tahapan pilkada, sesuai denga PKPU 16 tahun 2016. dan kedua kami akan melaksanakan informasi kepada masyarakat tentang hak pilih mereka dan partisipasi mereka dalam Pilkada nanti. sehingga dalam surat mendagri ini tentunya masalah keamanan adalah prioritas," Jelas Lumingkewas.

ia juga mengatakan, bahwa pihaknya akan membentuk sebuah forum atau tim kewaspadaan dini pemerintah daerah.

"Kami akan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, TNI dan kejaksaan. juga dalam surat edaran mendagri, kami akan fokus mengantisipasi akan konflik sosial. sehingga hal ini juga kami membutuhkan kerja sama dengan stochholder yang ada," Tambahnya.

Selain pembentukan tim kewaspadaan dini, pihak Kesbangpol bahkan akan membentuk desk pilkada.

"Untuk desk pilkada ini sesuai dengan SK Bupati yang melibatkan kepala-kepala daerah, dan Camat untuk memantau langsung setiap pergerakan masyarakat menjelang Pilkada," Tutupnya. (Ir)

Share:
Komentar

Berita Terkini