Anggota PPS di Empat Kecamatan Se-Halmahera Barat Resmi Dilantik

Editor: Admin author photo
Foto: Komisioner KPU Halbar beserta PPK Kecamatan Ibu dan Anggota PPS Kategori Disabilitas
JAILOLO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaksanakan  pelantikan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Barat Tahun 2020, Minggu (22/03/2020).

Pelantikan dan Bimtek PPS Se-Kabupaten Halbar tersebut. Hal itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat Nomor:24/PP.04.2Kpts/8201/KPU-Kab/III/2020.  

Sementara itu, pelantikan PPS telah dibagi  menjadi dua hari ini oleh KPU Halbar, yakni pelantikan PPS di mulai pada hari ini Minggu tanggal 22 Maret 2020 yang diselenggarakan di wilayah kecamatan masing-masing antara lain Kecamatan Ibu Selatan, Kecamatan Ibu, kecamatan Tobaru dan kecamatan Loloda. Sedangkan untuk pelantikan besok Senin (23/03) terdiri dari Kecamatan Sahu Timur, Kecamatan Sahu, Kecamatan Jailolo dan Kecamatan Jailolo Selatan.

Hal itu merujuk pada surat himbauan KPU RI Nomor 8 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Keputusan KPU Nomor:179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020. Berkaitan penundaan tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati,  Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020. Guna upaya pencegahan dan penyebaran virus corona (COVID-19), sehingga pelantikan anggota PPS di bagi menjadi dua hari. 

Anggota KPU Halbar, Yanto Hasan, turut hadir pada pelantikan PPS di kecamatan Ibu dalam sambutan menyampaikan bahwa peserta yang terpilih hari ini adalah putra/putri terbaik Halmahera Barat. Maka  di pundak teman-teman PPS ada tugas yang di amanatkan oleh undang-undang, menjaga integritas kita, kalau tidak kita akan di perhadapkan dengan DKPP.

"Untuk para anggota PPS supaya dapat berkoordinasi dengan  pihak penyelenggara dalam hal ini sesama PPS, PPK dan KPU. Sedangkan anggota PPS  tidak diperbolehkan berkoordinasi dengan pihak luar atau partai politik,” tegas Yanto.

Yanto pada kesempatan itu juga menyampaikan, bahwa adanya perkembangan virus corona. Maka pelantikan PPS hari ini bisa dilakukan dengan syarat daerah tersebut belum berdampak COVID-19 .

"Alhamdulillah, untuk kabupaten Halbar belum ditemui adanya COVID-19 sehingga pelaksanaan pelantikan PPS bisa di laksanakan," tutupnya.

Pada pelaksanaan pelantikan turut hadir bapak Barto Luang, selaku Camat Kecamatan Ibu, Bapak Koramil atau yang mewakili, Bapak Kapolsek atau yang mewakili, Ketua Panwascam  Firmansyah Raja, Dan Yanto Hasan, SE, M.Si serta Ramlah Hasyim, SH dari Komisioner KPU Kabupaten Halmahera barat.

Bukan hanya itu, yang teristimewa dalam pelantikan Anggota PPS Kecamatan Ibu di Desa Tahafo, Sutrisno Labudo  anggota PPS Desa Kie Ici salah satu peserta yang kategori Disabilitas atau Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). (zu3)
Share:
Komentar

Berita Terkini