Asyik Komsumsi Narkoba, Empat Remaja di Tidore Dibekuk Polisi

Editor: Admin author photo
Foto: Kapolres Tikep menggelar jumpa pers penangkapan empat orang  tersangka narkoba 
TIDORE-  Tim Resmob Polres Tidore Kepulauan (Tikep) berhasil menangkap empat (4) orang remaja sedang asyik mengkomsumsi narkoba jenis ganja di salah satu rumah di Kelurahan Tuguwaji, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan.

Hal itu disampaikan Kapolres Tikep, AKBP. Yohanes Jalung Siram, didampingi Kasat Reskrim Polres Tikep, AKP. Dedy Yudanto dan Paur Humas Polres Tidore, Iptu Arjan Naser, melalui siaran pers. Kamis (5/3/2020).

Menurut Kapolres, berdasarkan keterangan pelapor bersama tim Resmob Polres Tikep telah memperoleh informasi dari masyarakat pada hari minggu tanggal 1 Maret 2020 sekitar pukul 14.50 WIT di salah satu rumah warga ada sekelompok remaja sedang mengkonsumsi narkotika jenis ganja.

Selang beberapa menit kemudian si pelapor bersama dengan tim Resmob Polres Tikep menuju TKP untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut. Nah, sesampainya di TKP atau rumah  inisial AT sekitar pukul 02.57 WIT. Si pelapor bersama tim Resmob Polres Tikep langsung memantau tempat yang diduga terjadi penyalahgunaan narkotika golongan I jenis ganja kering tersebut, tutur Kapolres Tikep, Yohanes Jalung Siram, kepada awak media di Tidore.

Setelah itu, Kata Kapolres, sekitar pukul 03.00 WIT. Pelapor bersama Tim Resmob Polres Tikep  langsung masuk ke dalam rumah inisial AT untuk mengamankan tersangka MK bersama LH yang sedang mengkonsumsi atau menghisap ganja kering.

Sedangkan tersangka LH, Kata Kapolres, saat digrebek sempat melarikan diri ke jalan raya dan bertemu dengan tersangka RA yang sedang mengendarai sepeda motor. Tersangka LH langsung menaiki motor yang di kendarai RA dan mengatakan “ayo tancap gas”, tapi sialnya Tim Resmob Polres Tikep lebih cepat bereaksi mengamankan sepeda motor yang di kendarai tersangka RA, terang Kapolres.

Selanjutnya, tersangka RA dan LH dibawa ke rumah tersangka AT bersama pelaku MK  untuk diamankan. Tak hanya itu, menjelang beberapa saat kemudian, datanglah saksi inisial HE ke rumah tersangka AT, untuk di interogasi oleh  Tim Resmob Polres Tikep. Hasil dari interogasi tersebut tersangka MK memberitahu pada pukul 19.00 WIT. Dia bersama pelaku inisial FR sedang komsumsi narkoba  jenis golongan satu di rumah FR sekitar pukul 04.00 WIT.

Tak butuh waktu lama, Tim Resmob Polres Tikep langsung mendatangi rumah FR untuk diamankan ke Kantor Polres Tidore Kepulauan. Pada pukul 09.00 WIT, lima pelaku tersebut di lakukan tes urine.
“ Dari hasil tes urine itu,  empat pelaku dinyatakan positif yakni MK, LH, FR, RA. Sementara HE dinyatakan negatif,” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, berdasarkan keterangan pemeriksaan tersangka MK dikenakan Pasal 114 Ayat (1) jo Pasal 132 Ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2019 dengan ancaman kurungan penjara hukumannya paling singkat 5 (lima) tahun paling lama 20 tahun serta denda sebesar Rp. 1 Milyar.

Sementara tersangka LH, FR dan RA dikenakan Pasal 111 Ayat (1) sub Pasal 127 Ayat 1 huruf a jo Pasal 132 Ayat (1) Undang-Undang 35 tahun 2009 dengan ancaman pidana paling singkat 4 (Empat) Tahun paling lama 12 Tahun serta denda sebesar Rp. 800 juta rupiah.

“Untuk barang bukti diamankan adalah 1 (satu) kertas HVS yang dilipat dan didalamnya terdapat ganja kering dengan berat 1,9 gram bruto, 2 (dua) puntung ganja yang sudah digulung dan sudah habis di gunakan dengan berat 0,16 gram bruto, 1 (satu) linting (batang) ganja yang sempat di bakar dan sudah di matikan dengan berat : 0,45 gram bruto, 1 (satu) kertas HVS kusut yang dilipat dan dalamnya terdapat ganja kering berat : 1,74 gram bruto, 1 (satu) unit Handphone warna hitam merek OPPO tipe A 5 2020 SIM cart Nomor,” tutup Kapolres. (Aidar)
Share:
Komentar

Berita Terkini