Cegah Virus Corona, Disdukcapil Kepsul Buka Layanan Via WhatsApp

Editor: Admin author photo
Kepala Dinas Dukcapil Kepsul Bambang Fataruba
SANANA- Cegah penyebaran wabah virus corona. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) buka layanan secara online melalui via WhatsApp. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Kepsul, Bambang Fataruba, kepada nusantaratimur.com, Selasa (24/03/2020).

Bambang menuturkan mulai tanggal 25 Maret 2020 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membuka pelayanan secara online, tapi pelayanan di kantor hanya melayani kepentingan masyarakat yang sangat mendesak.

Lanjut Bambang, hal tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona di Kepulauan Sula seperti di ketahui bahwa Dinas Dukcapil setiap hari melayani puluhan  hingga ratusan warga selalu berkumpul di kantor Dinas Dukcapil untuk mengurus keperluan dokumen.

"Kita ikuti instruksi dari bapak Bupati Kepsul untuk mengurangi kerumunan orang yang bersentuhan langsung dengan masing-masing individu,” tutur Bambang.

Tak hanya itu, Dinas Dukcapil Kepsul memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan balangko KTP Elektronik, Kartu Keluarga (KK) maupun Akta Kelahiran. Tak perlu khawatir Dinas Dukcapil menyediakan layanan online melalui nomor WhatsApp yang disingkrongkan dengan data Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK) maupun Akta kelahiran.

“ Untuk permohonan KTP, KK maupun Akta Kelahiran atau keluhan lainnya masyarakat bisa menghubungi nomor WhatsApp 081355675200 yang kami sediakan,” ucap Bambang.

Bambang pada kesempatan itu menghimbau masyarakat, jika tidak mendesak sebaiknya warga menunda pengurusan berkas-berkas dokumen ke Disdukcapil. Jika kalau mendesak silahkan datang langsung ke kantor.

Walau begitu, kata Bambang, dengan adanya kebijakan ini untuk memudahkan warga  sebagai langkah pecegahan virus corona dan menghindari kerumunan warga demi kesehatan kita bersama, tutupnya. (di/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini