Dinkes Kepsul Kesiapsiagaan Hadapi Virus Corona

Editor: Admin author photo
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian (P2P) menyatakan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19).

SANANA- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian (P2P) menyatakan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19).

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian (P2P), Saiful Makasar, menyebut langkah yang ditempuh untuk memghadapi penyebaran Covid-19 ini, jauh sebelumnya kita dari Dinkes sudah melakukan rapat koordinasi dengan lintas sektor waktu virusnya masih terdengar di China dan belum masuk di Indonesia, Senin (16/03).

Selain itu juga, Dinas Kesehatan pada tanggal 29 Januari 2020 kemarin, itu sudah menyampaikan edaran kepada seluruh Pustu, Puskesmas dan RSUD untuk adannya langkah-langkah pencegahan Covid-19.

Kata Saiful, saat itu kita sudah block action di Bandara Emalamo Sanana dan Pelabuhan Sanana.

Saiful yang juga Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ini mengutarakan, bahwa kami juga sudah mengintruksikan kepada Puskesmas untuk aktif memberi penyuluhan tentang pencegahan penyakit ini, dan mengingatkan kepada masyarakat agar berperilaku hidup bersih dan sehat.

Selanjutnya, tidak cepat panik, dan apabila merasa sakit cepat pergi ke sarana kesehatan terdekat untuk memeriksakan kesehatannya, menggunakan masker terutama untuk yang sakit, bila merasa batuk, terang Saiful.

"Meski demikian kami tetap anjurkan agar sementara waktu sebaiknya menghindari tempat keramaian", ujar Saiful.

Lanjut Saiful, seperti Pelabuhan dan Bandara kita akan perkuat kesiapsiagaannya dengan disertakan alat cuci tangan dan menyiapkan masker.

"Memang benar untuk saat di Kepulauan Sula kami dari Dinkes juga sudah melakukan deteksi terhadap virus corona, namun sampai saat ini belum ada yang terdeteksi virus tersebut," tambahnya. 

Khusus diarea pendidikan seperti sekolah di Kepsul, tidak harus panik. Akan tetapi, kata dia, masing-masing sekolah juga diminta melakukan kewaspadaan, harus siapkan wastafel atau pipa air untuk cuci tangan. (di)

Share:
Komentar

Berita Terkini