Direktorat SDM Bekerjasama Dengan Korem 152/Babullah Menggelar Kegiatan

Editor: Admin author photo
Foto: Istimewa

TERNATE - Kementerian Pertahanan melalui Direktorat Sumber Daya Pertahanan (SDP) bekerjasama dengan Korem 152/Babullah menggelar kegiatan pendataan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk komponen pendukung pertahanan Negara di Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan yang dihadiri oleh Ka Kanhan Malut, Kolonel Mar Rahmat Djunaidi, Analis Kebijakan Madya Bidang SDAB Ditsumdahan Ditjen Pothan Kemhan, Kolonel Sus Muhammad Ridwan, S.Pd., M.Pd., Pasi Binpuanter Siter Rem 152/Babullah, Mayor Arm Susetyo Adiwibowo, serta Para Pejabat dari beberapa instansi diantaranya Dinas Kesehatan Provinsi Malut, Kesbangpol Linmas Provinsi Malut, Biro SDM Polda Malut, Badan Pusat Statistik Provinsi Malut, Kanminvetcad Ternate, Skomen Mahanuku Resimen Mahasiswa, bertempat di Ruang Yudha Makorem 152/Babullah Jl. A.M. Kamarudin No. 1 Kelurahan Sangaji, Kota Ternate Utara, Provinsi Maluku Utara, Rabu (11/03/2020).

Sesuai yang diamanatkan dalam UU RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang pertahanan serta payung hukum penyelenggaraan komponen cadangan dan komponen pendukung diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) dalam rangka usaha Pertahanan Negara yang bersifat semesta yang bersubstansi pada mengatur Bela Negara, Komponen Pendukung, Komponen Cadangan serta mobilisasi dan demobilisasi sebagai bentuk nyata keikutsertaan sumberdaya Nasional dalam upaya pembelaan Negara.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan data SDM dari masing-masing instansi yang dapat diberdayakan dalam komponen cadangan pertahanan negara. Kemudian di akhir kegiatan dilaksanakan penyerahan data SDM potensi komponen pendukung dari masing-masing instansi terkait kepada tim dari Kementerian Pertahanan.

Sementara itu di usai kegiatan, dalam keterangannya, Analis Kebijakan Madya Bidang SDAB Ditsumdahan Ditjen Pothan Kemhan, Kolonel Sus Muhammad Ridwan, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari penyiapan penataan komponen pendukung yang dilalui, melalui kegiatan pendataan, Pemilahan, pemilihan dan verifikasi.

Untuk itu, kata Kolonel Sus Muhammad Ridwan,   hari ini kami melaksanakan proses pendataan yang bersumber dari instansi terkait.

"Sehingga diharapkan dan diperoleh data valid atau akurat yang tersebar di Kabupaten Kota di Provinsi Maluku Utara sebagai data awal dalam pelaksanaan penataan komponen pendukung pertahanan negara," tutupnya.(Ady)
Share:
Komentar

Berita Terkini