Jelang Pilkada 2020, Prabowo Hadiri Sosialisasi Dirjen Otda Bersama Pemkot Bitung

Editor: Admin author photo
Foto: Kapolres Bitung AKBP FX. Winardi Prabowo, S.IK Hadir Acara Sosialisasi tentang Pilkada Oleh Pemkot Bitung dan Dirjen Otda Kemendagri RI (Sumber Foto Humas_Polres Bitung)


BITUNG- Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun ini, Pemerintah Kota Bitung bersama Dirjen Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI menggelar acara sosialisasi serta konsultasi bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bitung.

Acara ini dibuka resmi oleh Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban, bersama Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri RI Drs. Akmal Malik yang bertempat di Gedung BPU Kantor Walikota Bitung, Jumat (13/03).


Kegiatan ini bertemakan 'Mewujudkan Pilkada Demokratis dan Berkualitas di Kota Bitung'. Walikota dalam sambutannya, Sangat berterima kasih atas kehadiran pihak Dirjen Otda dan berkesempatan memberikan sosialisasi kepada perangkat ASN dilingkungan Pemkot Bitung. Selanjutnya Walikota memberikan pemaparan tentang gambaran umum kondisi Kota Bitung mulai dari kondisi wilayah, Demografi, Kepegawaian, Politik serta Kondisi Makro dan Potensi-Potensi yang dimiliki Kota Bitung.

Dirjen Otda Kemendagri RI Drs. Akmal Malik, mengatakan bahwa dalam rangka menghadapi pilkada serentak September 2020 nanti, ASN dapat bertindak netral dan tidak memihak serta terlibat politik praktis.

"Dalam pilkda ini, Poin paling penting yang harus diingat oleh ASN adalah sikap Netral. Netralitas yang dimaksud ialah tidak menggunakan kewenangan, kuasa/jabatan demi kepentingan politik atau paslon tertentu," Harapnya.

Lanjutnya, Bahwa para ASN yang dipercayakan untuk memegang suatu jabatan agar amanah dan bertanggung jawab, serta meletakan jabatan diatas kepentingan politik.

"Oleh sebabnya, ASN dilarang keras menggunakan aset-aset negara yang telah dipercayakan untuk kepentingan kontestasi Pilkada. Hal ini guna menjaga pemahaman miring masyarakat terhadap ASN. Namun secara pribadi, Percaya dan tidak meragukan netralitas yang dimiliki oleh ASN Pemkot Bitung” Tutupnya.

Kapolres Bitung AKBP FX. Winardi Prabowo, Sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Pemkot Bitung ini. Menurut Prabowo, melalui sosialisasi ini nantinya mampu menyamakan persepsi seluruh ASN agar pelaksanaan pilkada Kota Bitung berjalan demokratis, aman, tertib dan lancar.

“Sikap ASN dalam Pilkada adalah tanggung jawab Bawaslu, Namun Kepolisian yang punya peran sebagai pengayom masyarakat berharap agar ASN berperan penting dalam mewujudkan Pemilu yang demokratis, aman dan tertib sekaligus bisa menumbuhkan kedewasaan berpolitik sebagai pemilih,” Ujarnya.

Tampak hadir dalam acara ini, Kepala Penggerak PKK Kota Bitung Coni Lomban Rawung, Kapolres Bitung AKBP. F.X Winardi Prabowo, Kasdim 1310 Bitung Mayor Inf. Vino S. Onibala, Yon Marhanlan VIII Bitung yang diwakili oleh Kapten. Rudi, Pengadilan Negeri Kota Bitung dan para jajaran ASN Pemkot Bitung. (Ham)
Share:
Komentar

Berita Terkini