M. Hasan Bay Optimis Maju Kosong Satu

Editor: Admin author photo
M. Hasan Bay

TERNATE – Menjelang Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ternate (Pilwako) Periode 2020-2025. Salah satu Bakal Calon (Balon) Walikota Ternate, Muhammad Hasan Bay (MHB) optimis maju sebagai kosong satu.

“ Sikap saya sampai hari ini tetap optimis dan tidak berubah tetap kosong satu,” tutur MHB kepada awak media di Ternate, Kamis (19/03/2020).

Bahkan, MHB nekat mundur dari anggota DPRD Provinsi Maluku Utara. Jika dirinya maju Calon Walikota Ternate, baginya itu adalah sebuah konsekuensi.

"Untuk rekomendasi partai memang sudah ada, tapi saya belum bisa sampaikan secara langsung. Nah, untuk Partai Golkar tetap saya yang dapatkan," ucap MHB.

Mengenai program dan visi-misi. MHB mempunyai gagasan berlian untuk membangunan Kota Ternate dalam konteks modern.

“ Mimpi saya sederhana saja. Kota Ternate ini kalau kita fit ke belakang dan kita melihat perkembangan 10 tahun terakhir, suka tidak suka Kota Ternate pasti mengarah kepada kota metropolis,” ungkap MHB.

Bagi MHB, Kota Ternate akan menjadi kota metropolis, kalau arahnya kota metropolis pasti menjadi kota cosmopolis artinya tingkat kemajemukan itu pasti akan terjadi di Kota Ternate. Tak ada sisi lain, Kota Ternate harus maju, namun harus berbudaya. 

Kenapa berbudaya. Sambung MHB, karena akan menjadi kota modern, kota ternate akan menjadi hunian ke tingkat kemajemukan. “ Kalau memang tingkat kemajemukannya tinggi sudah tentu orang yang datang mau tinggal di ternate dengan berbagai latar belakang budaya, adat dan istiadat," paparnya.

Tak dapat dipungkiri, kata MHB, negeri ini adalah negeri kesultanan, negeri ini adalah negeri adat seatorang, tak ada benteng lain. Terkecuali adat seatorang, budaya ternate itu harus dijunjung untuk meminimalisir kemajemukan.

"Data statistik di 10 Kab/Kota di Provinsi Maluku Utara pada tingkat perkembangan, baik itu percepatan ekonomi, percepatan infrastruktur. Disinilah yang kita lihat," ujarnya.

Olehnya itu, Konsep untuk membangun Kota Ternate sangat sederhana. “ Ternate tetap maju menjadi kota modern, tapi berbudaya, melalui adat seatorang,”tutupnya. (ady/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini